Jakarta (ANTARA News) - Direktur PT Cipta Marga Nusaphala Persada (CMNP) yang menyelenggarakan kompetisi mural bertema Asian Games 2018 bersama Cikini Art Stage menyiapkan total hadiah sebesar Rp100 juta untuk para seniman yang karyanya terpilih sebagai pemenang.

"Juara pertama yang jelas dapat Rp30 juta, dari total keseluruhan hadiah Rp100 juta," kata Tito saat ditemui di sela kunjungannya ke tiang-tiang tol yang akan dilukis mural, Sabtu.

Senada dengan itu, ketua pelaksana kompetisi dari Cikini Art Stage Aidil Usman membenarkan bahwa PT CMNP akan memberikan uang apresiasi ke para seniman mural sebesar Rp100 juta untuk juara pertama, urutan kedua, ketiga, keempat, dan 10 karya pilihan. 
   
Di samping uang apresiasi, pemenang kompetisi mural juga akan menyabet Piala Menteri PUPR, Aidil menambahkan.
   
"Nanti ada tiga juri yang kami libatkan untuk menilai 73 mural di tiang-tiang tol sepanjang Pulomas hingga Rawamangun ini," kata Aidil. 
   
Ada tiga juri yang disiapkan untuk menilai hasil karya seniman, di antaranya kurator dan esais Bambang Asrini Widjanarko. 
   
"Untuk kriteria penilaian, tentunya itu jadi wilayahnya para juri," kata Aidil. 
   
Kompetisi melukis "CMNP Mural Competition 2018" diselenggarakan pada 4-7 Agustus di 73 tiang tol sepanjang Pulomas hingga Rawamangun. 
   
Meski demikian, Aidil menyampaikan, tahapan seleksi awal untuk kompetisi mural telah dimulai sejak dua bulan lalu. 
   
"Penyelenggara menerima sekitar 189 rancangan desain mural, dan kami telah menyeleksi ratusan gambar yang masuk jadi tinggal 73 desain. Hasil seleksi saat itu diumumkan oleh pihak panitia via media sosial," jelas Aidil. 
   
Ia menjelaskan untuk satu desain mural dikerjakan minimal oleh tiga orang, dan maksimal empat orang.
   
"Jadi, jumlah total peserta sekitar 200 orang dari berbagai wilayah di Indonesia," kata Aidil. 
   
Sebelumnya pada Sabtu pukul 08.00 WIB, acara kompetisi mural itu dibuka oleh Direktur Jenderal Bina Marga Sugiyartanto yang mewakili Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono, bersama dengan Direktur PT CMNP Tito Sulistio.
   
Acara dibuka dengan sambutan dan prosesi melukis mural yang secara simbolik dilakukan oleh Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Sugiyartanto bersama Dirut  PT CMNP Tito Sulistio dan Ketua Pelaksana Aidil Usman, di tembok Kantor PT CMNP, Jalan Yos Sudarso, Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara.
   
Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono dalam sambutannya yang dibacakan Dirjen Bina Marga Sugiyartanto mengapresiasi upaya PT CMNP mengadakan acara kompetisi mural tersebut. 
     
"Kami mengapresiasi PT CMNP selaku pengelola jalan tol, juga para pekerja seni di seluruh nusantara  yang tergabung dalam kompetisi ini. Asian Games ini berlangsung empat tahun sekali. Akhir kata mari tunjukan semangat dan semarak untuk ajang yang bersejarah (Asian Games 2018) ini," kata Sugiyartanto menyampaikan sambutan dari menteri PUPR, Sabtu.

Baca juga: 200 seniman lukis mural AG di Pulomas

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018