Palembang, (ANTARA News) - Setelah sukses kirab obor Asian Games di Kota Palembang, perjalanan obor api abadi dari India yang merupakan negara penyelenggara pertama ajang olahraga tersebut dilanjutkan ke sejumlah kabupaten dan kota di Sumatera Selatan.

"Obor api Asian Games setelah diarak keliling Kota Palembang akan diinapkan di rumah dinas wali kota, dan Minggu (5/8) pagi kirab dilanjutkan ke sejumlah kabupaten dan kota di Sumsel yang diawali dari Kabupaten Banyuasin," kata Plh Wali Kota Palembang Harobin Mastofa, di Palembang, Sabtu.

Menurut Harobin, dia akan memimpin kirab membawa obor dengan kendaraan bersama warga dari sejumlah komunitas yang ada di Palembang sampai ke Terminal Alang-Alang Lebar perbatasan dengan Kabupaten Banyuasin.

Rombongan peserta kirab pembawa obor diserahkan ke Banyuasin untuk diarak keliling daerah tersebut sebelum dilanjutkan perjalanan ke sejumlah daerah lainnya, katanya.

Sementara sebelumnya Ketua Deputi I Panitia Daerah Asian Games yang juga Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumsel Akhmad Yusuf menjelaskan Kirab Obor Asian Games setelah Palembang dilanjutkan ke beberapa daerah lainnya sebelum ke Lampung.

Setelah Palembang, pada 5-7 Agustus kirab akan dilanjutkan ke Pangkalan Balai,Kabupaten Banyuasin, kemudian dibawa ke Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin.

Kemudian, dari Kabupaten Musi Banyuasin rombongan Kirab Obor asian Games 2018 ke Kabupaten Pali, Kota Prabumulih, Kabupaten Ogan Ilir dan dilanjutkan ke Kabupaten Ogan Komering Ilir menuju Kabupaten Tulang Bawang, Lampung.
Puluhan Regu Pemadam Kebakaran (RPK) Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas mengawal kirab api Asian Games di Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (4/8/2018). APP Sinar Mas menyiagakan 810 personel pemadam kebakaran dalam mengantisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (karhutla) selama Asian Games 2018. (ANTARA /Nova Wahyudi)

Selanjutnya rombongan pembawa obor ke Bandar Lampung pada 8-9 Agustus, menyeberang Selat Sunda menggunakan kapal ke Cilegon dan Serang, Banten pada 9-10 Agustus.

Sebelum masuk ke Jakarta perjalanan Kirab Obor Asian Games ke Bandung pada 11-12 Agustus, puncaknya 17 Agustus diserahterimakan ke Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta, untuk persiapan dibawa ke Gelora Bung Karno Jakarta pada saat acara pembukaan 18 Agustus 2018, kata Yusuf.

Perjalanan panjang "Torch Relay" atau Kirab Obor Asian Games ke 18 provinsi dan 64 kota di Indonesia, setelah dari Yogyakarta menuju Jawa Tengah pada 18 Juli 2018, kemudian Jawa Timur 20 Juli, Bali 23 Juli, Nusa Tenggara Barat 25 Juli, Papua Barat 26 Juli, Sulawesi Selatan 29 Juli, Kalimantan Selatan 30 Juli.

Selanjutnya perjalanan peserta kirab ke wilayah Sumatera diawali dari Banda Aceh, Nangroe Aceh Darussalam pada 31 Juli 2018, kemudian Sumatera Utara, Riau, Sumbar, dan Jambi pada 3 Agustus.

Sementara kirab dilakukan di Kota Palembang pada 4-5 Agustus dan dilanjutkan di? bebrapa daerah Sumsel lainnya sebelum rombongan menuju Bandar Lampung, Lampung pada 8-9 Agustus.

Kemudian dari Bandar Lampung menyeberang ke Cilegon dan Serang, Banten pada 9-10 Agustus, sebelum masuk ke Jakarta perjalanan Kirab Obor Asian Games ke Bandung pada 11-12 Agustus, puncaknya 17 Agustus diserahterimakan ke Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta, untuk persiapan dibawa ke Gelora Bung Karno Jakarta pada saat acara pembukaan 18 Agustus 2018.

(T.Y009/B/I016/C/I016)

Baca juga: Juara Olimpiade Biologi bawa obor Asian Games di Palembang
Baca juga: Panglima TNI: kirab obor nyalakan semangat persatuan

Pewarta:
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2018