Jakarta (ANTARA News) - Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) menyatakan persiapan acara pembukaan Asian Games XVIII 2018 mendekati akhir. 

Ketua INASGOC Erick Thohir mengatakan, saat ini pihaknya tinggal memastikan hal-hal penunjang seperti listrik, air dan sambungan internet nirkabel tersedia tanpa gangguan.

"Persiapan pembukaan sudah hampir final. Semua pengisi acara sudah berlatih termasuk para penari yang sudah bersiap selama beberapa bulan terakhir, tinggal memastikan lancarnya listrik, air dan 'wifi'," ujar Erick usai pengukuhan kontingen Indonesia untuk Asian Games XVIII 2018 di Jakarta, Minggu. 

Dia melanjutkan, soal lain seperti transportasi dan keamanan juga sudah siap dengan segala kemungkinan demi memberikan rasa nyaman kepada semua orang yang datang menyaksikan pembukaan Asian Games 2018. 

Sementara terkait arak-arakan atau defile kontingen Indonesia di pembukaan, Erick menyebut akan diikuti oleh sekitar 1.000 atlet dan ofisial.

Namun, pihak INASGOC belum dapat memastikan siapa sosok pembawa Bendera Merah Putih dalam defile tersebut meski sebelumnya tersiar kabar yang menyebut tugas itu akan diberikan kepada perenang I Gede Siman Sudartawa. 

"Masih akan dibicarakan secara internal," kata Erick. 

Acara pembukaan Asian Games XVIII 2018 sendiri akan digelar pada Sabtu, 18 Agustus 2018, mulai pukul 19.00 WIB di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. 

Kegiatan berdurasi tiga jam itu akan diisi penampilan 4.000 penari dan lebih dari 18 penyanyi serta ratusan musisi Indonesia termasuk yang karyanya sudah terkenal hingga mancanegara seperti Joey Alexander, musisi jazz berusia 15 tahun yang dua kali masuk nominasi penghargaan musik prestisius dunia Grammy Awards pada tahun 2016 serta Anggun C. Sasmi penyanyi internasional berdarah Indonesia yang kini berkewarganegaraan Prancis.

Pihak INASGOC memastikan pembukaan Asian Games 2018 juga akan menampilan keindahan alam Indonesia.

Baca juga: Menko Puan kukuhkan Kontingen Asian Games Indonesia
Baca juga: Masyarakat Sumsel dapatkan warisan perubahan

Pewarta: Michael Teguh Adiputra Siahaan
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2018