Bandung (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Kehutanan melakukan sejumlah antisipasi terjadinya kebakaran hutan saat musim kemarau agar tidak mengganggu penyelenggaraan Asian Games 2018.



"Kami sudah melakukan antisipasi dan bersikap waspada karena kebakaran hutan di saat musim kemarau bisa saja terjadi di Jabar. Jangan sampai ada kebakaran hutan yang pada akhirnya mengganggu pertandingan Asian Games akibat adanya asap," kata Sekda Jawa Barat Iwa Karniwa di Bandung, Senin.



Iwa menuturkan berdasarkan surat edaran Direktorat Jenderal Pengelolaan Hutan Produksi Lestasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor SE13/PHPL/UHP/HPL.1/2018 tanggal 28 Mei 2018 maka Dinas Kehutanan Jabar sudah mengeluarkan surat edaran pada seluruh pengelola dan pemangku kawasan kehutanan di Jabar.



Menurut dia, surat dikirim ke Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jabar, pengelola Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Kepala Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Kepala Balai Taman Nasional Gunung Ciremai, dan Kepala Perum Perhutani Divisi Regional Jabar Banten.



"Selain itu surat edaran ini juga ke seluruh Dinas Kehutanan yang ada di kabupaten," katanya.



Dia mengatakan seluruh pemangku kawasan diminta untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan seluruh elemen pengaman hutan dan lahan yang terkait dengan pengendalian kebakaran hutan dan lahan.



"Jadi bentuknya dengan melaksanakan pelatihan, simulasi serta apel siaga pengendalian kebakaran hutan," katanya.



Seluruh pihak, lanjut Iwa, juga diminta untuk meningkatkan koordinasi, sinkronisasi dan sinergitas dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan bersama instansi terkait seperti TNI, BPBD, kepolisian dan kelompok masyarakat.



"Dan kami juga minta aktif untuk memantau hotspot melalui website Sipongi dan cuaca harian serta informasi system peringkat bahaya kebakaran bekerjasama dengan BMKG," ujarnya.



Pihaknya berharap dengan kewaspadaan tinggi, meski saat ini tengah kemarau, kasus kebakaran hutan dan lahan di Jawa Barat tidak terjadi.



"Kami juga minta masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan mewaspadai kondisi ini," katanya.

Baca juga: INASGOC maksimalkan sosialisasi Asian Games ke daerah
Baca juga: UMKM sulit cari ruang jual atribut Asian Games
Baca juga: Polrestro Jakarta Selatan antisipasi teror jelang Asian Games


(A066/B015)

Pewarta:
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2018