Garut  (ANTARA News) - Ketua Komisi Yudisial Jaja Ahmad Jayus membawa obor Asian Games 2018 saat perjalanan kirab api abadi ini singgah di Kota Garut, Jawa Barat, Minggu.

Obor yang datang dari Kota Bandung tiba di Kota Garut sekitar pukul 10.00 WIB dan diterima Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman dan langsung diserahkan ke Ketua KY Jaja Ahmad Jayus.

Obor Asian Games selanjutnya dibawa lari oleh Ketua KY ini dengan didampingi Wakil Bupati Garut bersama Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto.

Sebelum obor diserahkan ke Kapolres Garut Budi Satria Wiguna, prosesi penyambutan dengan adat Sunda.

Selanjutnya obor Asian Games ini akan diarak sekitar 15 kilometer mengelilingi ibukota kabupaten yang terkenal dengan dombanya ini.

Obor Asian Games ini juga diarak oleh para atlet-atlet dari Kabupaten Garut yang juga menyemarakkan kirab ini.

"Asian Games selain membawa spirit olahraga, juga spirit persaudaraan persatuan di antara negara Asia," kata Jaja kepada Antara.

Ketua KY ini berharap spirit olahraga yang " fairplay" ini juga membawa semangat berbangsa dan bernegara, terutama tata kelola bernegara yang juga "fair", obyektif dan transparan.

"Jadi korelasi semangat itulah kenapa saya hadir di sini adalah membawa spirit bagi pengelolaan tidak hanya di bidang olahraga juga bermasyarakat dan bernegara," kata Jaja.

Kirab obor Asian Games di Kabupaten Garut ini disambut meriah oleh masyarakat yang sudah memenuhi jalan yang menjadi rute sejak pukul 06.00 WIB.

Berbagai atraksi kesenian ditampilkan, di antaranya atraksi barongsai yang dimainkan oleh gabungan anggota TNI dan polisi, drumb band dari para pelajar, paralayang juga meramaikan kirab obor ini.

(T.J008)

Pewarta:
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2018