Jakarta (Antara) - Ratusan anak sekolah dari tingkat SD, SMP, SMA, dan SMK terlihat ikut turun ke sejumlah ruas jalan sejak pukul 08.00 WIB, Rabu, untuk menyambut pawai obor Asian Games 2018 di Jakarta Selatan.

Anak-anak sekolah itu tampak bersama gurunya berjejer rapi di pinggir jalan sembari membawa bendera negara yang menjadi peserta Asian Games 2018.

Delfian, pelajar kelas 6 Sekolah Dasar Negeri Pasar Minggu 01 Pagi, mengaku telah tiba di depan Pos 1 Jalan Rawa Bambu bersama puluhan teman kelasnya untuk menyambut kedatangan obor Asian Games 2018.

“Saya sama teman-teman, ada dari kelas 4, kelas 5, dan kelas 6,” kata Delfian yang tampak mengenakan pakaian olahraga sembari mengibarkan bendera negara peserta, China Taipei.

Baca juga: 25.000 pelajar siap meriahkan kirab obor di Jakarta

Di samping Delfian, ada Rifai dan Riskullah, pelajar kelas 6 SDN Pasar Minggu 01 Pagi yang juga terlihat membawa bendera Kyrgyzstan dan Jepang.

Keduanya mengaku senang dapat ikut menyaksikan pawai obor di Jakarta Selatan.

“Senang karena belum pernah lihat obor Asian Games,” kata Riskullah seraya menambahkan ia takjub melihat barisan pengendara motor gede (moge) yang turut mengiringi pawai obor di Jakarta Selatan.

Sebelum para pelari membawa api obor dari satu pos ke pos lainnya, puluhan pengendara moge telah terlebih dahulu melintasi rute pawai, yang titik pertamanya berawal di Jalan Rawa Bambu, Pasar Minggu.

Baca juga: Kirab obor di Jakarta, Dishub siapkan rekayasa lalu lintas

Rencananya api obor akan tiba di titik pertama sekitar pukul 12.15 WIB.

Di samping Rawa Bambu, rute pawai obor sepanjang 10 kilometer turut melewati Jalan Pertanian III, Jalan Raya Ragunan, Jalan Warung Jati Barat, Jalan RM Harsono, menuju panggung utama di Taman Margasatwa Ragunan (TMR). 

Pawai nantinya juga melewati Jalan Paso, Jalan Margasatwa Barat, Jalan Raya Cilandak KKO, dan pos terakhir di Jalan Ampera Raya. Setelahnya, obor Asian Games itu dibawa ke Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Menjelang dan selama pawai berlangsung, ruas paling kiri Jalan Rawa Bambu telah ditutup sejak pukul 08.00 WIB. Rencananya jalan akan ditutup sampai pukul 15.00 WIB.

Sementara itu di panggung utama sejak pukul 11.00 WIB, para pemegang obor (torch bearer) telah hadir di atas panggung untuk menikmati hiburan yang disajikan penyelenggara.

Para pemegang obor yang akan berlari selama pawai berlangsung di Jakarta Selatan, diantaranya Walikota Jakarta Selatan Marullah Matali, dan 20 atlet serta tokoh masyarakat, antara lain,  bekas atlet loncat indah Shenny Ratna, mantan atlet loncat galah Nunung Jayadi, dan bekas atlet layar Kusdiana Adi.

Baca juga: Kirab obor di Jakbar dimeriahkan mantan atlet nasional

Pembawa obor lainnya, Ade Novriza (taekwondo), Samsul Anwar Harahap (tinju), Christian Hadinata (bulutangkis), David Jacob (tenis meja), Anindya Bakrie (Ketua Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia), dan Anjasmara (aktor dan praktisi Yoga).

Di antara para pembawa obor tersebut, aktor watak Lukman Sardi dan mantan atlet Bulu Tangkis Ricky Subagja juga akan berlari membawa api obor Asian Games 2018 di Jakarta Selatan.

Pewarta:
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018