Palembang (ANTARA News) - Kapal Republik Indonesia (KRI) Dewaruci yang merupakan kapal layar legenda akan dijadikan latar belakang arena perlombaan "venue" layar dan jetski Asian Games XVIII/2018 di Pantai Ancol, Jakarta.

"Setelah menyemarakkan pembukaan Asian Games di Palembang pada 18 Agustus 2018, kapal latih legenda milik TNI AL itu akan berlayar ke Jakarta pada 19 Agustus pagi dan diperkirakan sudah sampai di laut Ancol 21 Agustus untuk menyemarakkan lomba layar dan jetski serta dijadikan `background venue`," kata Komandan KRI Dewaruci Letkol Laut (P) Waluyo seusai acara penyambutan kedatangan kapal tersebut di Palembang, Kamis.

Dia menjelaskan, Kapal perang Republik Indonesia KRI Dewaruci dalam perjalanannya menjelajahi nusantara pada 2018 ini memiliki misi mengamankan dan menyukseskan Kota Palembang dan Jakarta sebagai tuan rumah Asian Games XVIII, 18 Agustus - 2 September 2018.

Kapal layar terbesar yang dimiliki TNI AL itu mengawali perjalanan dari Surabaya pada 23 Juli 2018 dengan tujuan pelabuhan pertama di Kota Makasar, Sulawesi Selatan, 27 Juli 2018 berpartisipasi dalam acara torch relay atau kirab obor api Asian Games.

Setelah melakukan pelayaran yang cukup panjang, menjelang pembukaan Asian Games kapal buatan Jerman 1953 itu berlabuh di Pelabuhan Boom Baru Palembang, Sumatera Selatan untuk menyemarakkan pembukaan Asian Games XVIII, Sabtu (18/8) malam.

Kapal layar tiang tinggi ini akan berada di perairan Sungai Musi Palembang selama empat hari hingga pembukaan pesta olahraga negara-negara kawasan Asia itu.

Untuk menyemarakkan Asian Games di Palembang, pada saat pembukaan pesta olahraga tersebut akan digelar berbagai acara di dermaga peti kemas Pelabuhan Boom Baru dengan latar belakang KRI Dewaruci.

Bagi masyarakat yang berminat nonton bareng siaran televisi acara pembukaan Asian Games dan mengikuti berbagai acara lainnya bisa datang di dermaga tempat bersandarnya kapal latih Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL).

Sebelum berlangsuyngnya acara tersbeut, pihaknya membuka kesempatan bagi masyarakat umum untuk berkunjung naik ke atas kapal yang memperkuat jajaran TNI AL sejak 1953 itu dan telah dua kali melaksanakan pelayaran muhibah keliling dunia yakni pada 1964 dan 2012, kata Komandan KRI Dewaruci.

Baca juga: Obor Asian Games 2018 akan dibawa berlayar KRI Dewaruci
Baca juga: Presiden Jokowi pastikan venue jetski dan layar siap
Baca juga: Pembangunan arena jetski dan layar rampung


(Y009/B015)

Pewarta:
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2018