Tangerang (ANTARA News) - Delegasi-delegasi dari 15 negara, baik atlet, ofisial maupun wasit untuk Asian Games 2018 tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, Banten, Kamis, dengan berbagai maskapai penerbangan.

Koordinator Penjemputan Asian Games 2018 di terminal III Bandara Soekarno-Hatta, Ananda Sukamto Yazid di Tangerang, Kamis mengatakan hingga pukul 14.00 WIB telah tiba 15 delegasi peserta.

Ananda mengatakan delegasi yang sudah datang adalah dari Usbekistan, Bangladesh, Saudi Arabia, Thailand, Singapura, Australia, India, Maladewa, Qatar, Mongolia, Bhutan, Pakistan, Korea, Vanuatu dan Selandia Baru.

"Data sementara yang kami kumpulkan dan mereka sudah melakukan akreditasi di terminal III lebih dari 600 orang," katanya.

Dia mengatakan semua peserta diharuskan melakukan akreditasi yang sudah disediakan petugas, artinya tanda pengenal yang mereka bawa disesuaikan dengan data induk agar dapat mengikuti pertandingan atau sebagai ofisial.

Menurut dia, dari sejumlah kontingen tersebut masing-masing juga membawa wartawan dan mendapatkan pelayanan akreditasi serupa di bandara terbesar di Indonesia itu.

Selain itu, sejumlah negara juga membawa wasit sebagai pengadil dalam beberapa cabang yang dipertandingkan di Asian Games.

Setelah melalui akreditasi maka kontingen dilayani petugas hingga ke luar terminal kedatangan dan memasuki bus yang sudah disediakan untuk menuju hotel masing-masing.

Meski beberapa peserta dari negara lain yang sempat tertinggal tanda identitas yang dikeluarkan Inasgoc, sebagai penyelenggara Asian Games 2018, namun petugas mengarahkan untuk diperbarui dan akreditasi ulang.

"Asal saja mereka dapat menunjukkan deledasi dari negara mana kemudian membawa paspor dan diarahkan untuk mendapatkan tanda pengenal baru demi kelancaran penyelenggaraan Asian Games," katanya menambahkan.

Petugas akreditasi akan terus memberikan pelayanan di terminal III hingga semua peserta Asian Games seluruhkan melakukan pendataan.

(U.A047/T004)

Pewarta:
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2018