Palembang (ANTARA News) - Tim nasional sepak bola putri China memukul telak Hong Kong dengan skor 7-0 pada pertandingan pertamanya di babak penyisihan grup B Asian Games XVIII di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Jumat malam.

China yang saat ini menduduki rangking 17 FIFA inisiatif menyerang lebih dahulu sejak menit awal. Tim Negeri Tirai Bambu ini bermaksud mencetak gol di menit awal untuk menekan mental lawan.

Kondisi ini tak ayal memaksa Hong Kong untuk bertahan mengamankan serangan membabi buta China. Aliran bola demikian deras ke jantung pertahanan Hong Kong mengandalkan sepakan-sepakan keras dari luar kotak penalti.

Tanpa menunggu lama, China sudah meraih keuntungan atas strategi menyerangnya itu. Kiper Hong Kong Leung Wai Nga terlalu gagap sehingga melakukan pelanggaran ketika menyambar bola dari striker China. Walhasil wasit memberikan hadiah titik putih yang dapat diselesaikan sempurna oleh gelandang Wang Shuang pada menit ke-7.

Unggul satu gol justru semakin membuat China tampil percaya diri dengan terus melancarkan serangan bergelombang. Serangan dibangun dari tengah mengandalkan dua striker dan pemain sayapnya. Nyaris tidak memberikan kesempatan Hong Kong untuk mengembangkan permainan.

Sepanjang babak pertama tak sekali pun Hongkong mampu menggapai kotak penalti China. Praktis kondisi ini memudahkan tim yang diunggulkan di Asian Games kali ini leluasa dalam variasi serangan.

Walhasil tiga biji gol tambahan berhasil diciptakan melalui Wang Shanshan pada menit ke-20, Li Ying menit ke-28, Li Jiayue menit ke-42 sehingga mengubah kedudukan menjadi 4-0 yang bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, tingginya tekanan permainan membuat pemain Hongkong kembali melakukan kesalahan. Kapten tim Chan Wing Sze terpaksa melakukan penyelamatan pada menit 48 yang justru menjadi gol bunuh diri. Skor pun semakin melebar bagi kemenangan China 5-0.

Sepanjang babak kedua ini, Hong Kong juga tidak dapat mengembangkan permainan. Praktis hanya sekali mendapatkan kesempatan untuk serangan balik, itu pun mampu digagalkan dengan mudah oleh pemain belakang China.

Dua gol tambahan Negeri Tirai Bambu pada menit berikutnya, melalui Gu Yasha pada menit ke-51 dan menit ke-72 semakin menyempurnakan kemenangan atas Hong Kong yang saat ini berada di peringkat 76 perangkingan FIFA.

Pelatih China Jia Xiuquan mengatakan hasil ini sangat baik karena tim bisa memenangkan pertandingan perdana di Asian Games.

"Saya senang pemain memiliki semangat dan motivasi yang tinggi untuk menang. Meski ada sedikit yang meski diperbaiki tapi sejauh ini sudah baik," kata Jia.

Sementara, pelatih Hong Kong asal Brazil, Rambo Jose Ricardo mengatakan, kekalahan ini sangat wajar karena China memiliki kualitas jauh lebih baik dalam banyak aspek.

"Ya kami harus lebih banyak belajar dan berlatih lagi. Pemain sudah bekerja keras, tapi tetap harus melakukan hal yang lebih," kata dia.

Susunan Pemain :

China : Zhao Lina, Hang Peng, Lou Jiahui, Wu Haiyan (c), Wang Shuang (Zhao Rong/67), Li Jiayue, Li Ying (Xiao Yuyi/66) , Wang Shanshan, Yang Lina (Huang Yini/73), Gu Yansha, Zhang Rui.
Pelatih: Jia Xiuquan

Hong Kong : Leung Wai Nga, Chu Ling Ling Lau Yui Ching/84), Yiu Hei Man, Chan Wing Sze (c), Cheung Wai Ki, Wai Yuen Ting (Lee Wing Yan/76), Sin Chung Yee, Fung Nga Kei Kay (Chung Pui Ki/64), Yuen Hoi Dik Heidi, Wong So Han, Kwok Ching Man.
Pelatih : Jia Xiuquan.

(T.D019/B/I015/C/I015)

Baca juga: Tim sepak bola putri indonesia taklukan Maladewa 6-0
Baca juga: Korea Selatan kalahkan Chinese Taipei 2-1

 

Pewarta:
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2018