Jakarta (ANTARA News) - Panitia Nasional Asian Games 2018 (INASGOC) mengimbau calon penonton untuk segera menukarkan tiket pembukaan Asian Games sebelum pukul 16.00 WIB, Sabtu, untuk mengurangi risiko antrian panjang di loket penukaran.

Direktur Bagian Tiket (Ticketing) INASGOC Sarman Simanjorang di Jakarta mengatakan seluruh loket penukaran tiket akan ditutup serentak pukul 16.00 WIB. Sementara, "preshow" atau acara sela sebelum acara inti pembukaan akan dimulai pukul 17.00 WIB, yang disambung pembukaan acara inti pada pukul 19.00 WIB hingga penutupan acara pukul 22.00 WIB.

"Jauh-jauh sebelum jam 16.00 WIB sebaiknya penonton sudah menukarkan tiket," ujar Sarman.

Loket penukaran tiket untuk hari pembukaan Asian Games, Sabtu ini tersedia di pintu 5 yang berlokasi dekat pusat perbelanjaan FX Mall dan Pintu 7 Gelora Bung Karno, yang berlokasi sebelah pintu masuk Hotel Sultan.

Adapun hingga pukul 13.00 WIB, kondisi loket penukaran tiket masih lengang. Loket penukaran sudah dibuka sejak pukul 08.00 WIB.

Menurut petugas informasi di Pintu 7 GBK, antrean penukaran sempat padat pada pukul 10.00 WIB. Namun pada Sabtu siang, kondisi loket penukaran tiket kembali lengang.

Seluruh pintu masuk GBK sudah dijaga ketat aparat kepolisian dan TNI. Pada pukul 12.00 WIB, aktivtas transrpotasi "shuttle bus" di kawasan GBK sudah diminmalisir karena aparat keamanan akan melalukan sterilisasi untuk keamanan tamu VVIP, salah satunya Presiden Joko Widodo.

Rekayasa lalu lintas juga dilakukan di sebagian Jalan Sudirman, yang melintasi arena GBK dan Jalan depan pintu 10 GBK, yang bersebrangan dengan Kantor Stasiun TVRI dan Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Nova Dewa Tara, salah satu penonton dari Kalibata, Jakarta Selatan, mengeluhkan rekayasa lalu lintas yang menurutnya kurang disosialisasikan. Akibat hal itu, Nova yang mengendarai ojek "online" kesulitan untuk memasuki arena GBK. Akhirnya Nova mengaku harus berjalan cukup jauh untuk sampai ke pintu 7 GBK guna menukarkan tiket.

"Blokade lalu lintas ini sudah dilakukan sejak siang sebelum pukul 12.00 WIB. Jadi cukup merepotkan. Tapi karena acara besar level internasional, ya saya mengerti sajalah," ujarnya.

Baca juga: Kemendikbud: masyarakat kunci suksesnya Asian Games
Baca juga: Menkominfo: Amankan frekuensi radio saat pembukaan Asian Games

Pewarta:
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2018