Jakarta (ANTARA News) - Kota Sanya di Provinsi Hainan, China, akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Asian Beach Games 2020 melalui penandatanganan kontrak sebagai tuan rumah dengan Dewan Olimpiade Asia (OCA) di Jakarta, Minggu.

Penadatangan kontrak sebagai kota tuan rumah dilakukan Wali Kota Sanya Xu Zhenling, Komite Penyelenggara Asian Beach Games 2020 dan Presiden OCA Ahmad Fahad Al Sabah dalam Sidang Umum OCA Ke-37 di Hotel Mulia Jakarta.

"Kami merasa terhormat terpilih sebagai tuan rumah Asian Beach Games 2020, Sanya merupakan tujuan wisata dengan pantai yang indah di wilayah selatan Hainan," kata Wali Kota Xu.

Dalam wawancara dengan Antara di sela-sela Sidang Umum OCA Ke-37, Xu mengatakan dalam mempersiapkan diri sebagai penyelenggara, Sanya juga melihat pengalaman Bali yang pernah menjadi tuan rumah pertama Asian Beach Games pada 2008.

"Bali sangat indah dan terkenal ke seluruh dunia, kami juga ingin memanfaatkan penyelenggaraan Asian Beach Games untuk memperkenalkan Sanya di Asia dan dunia," kata dia.

Sejak terpilih sebagai kandidat tuan rumah Asian Beach Games Ke-6, Xu mengatakan Kota Sanya telah banyak berbenah. Berbagai infrastuktur penunjang, khsuusnya transportasi, telah dibangun dengan lebih baik.

"Pada dasarnya, tempat pertandingan telah disediakan oleh alam sehingga yang perlu kami tingkatkan adalah infrastruktur penunjangnya," kata dia.

Dalam kesempatan itu, Xu juga mengucapkan terima kasih atas kerja keras Indonesia menyelenggarakan Asian Games 2018 dan menampilkan upacara pembukaan yang meriah.

"Atas nama Kota Sanya dan delegas China, kami mengucapkan terima kasih pada Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018, dan kami harap dapat berjumpa dengan Anda semua di Sanya untuk Asian Beach Games 2020," kata dia.


Asian Beach Games pertama diselenggarakan di Bali, Indonesia, 18-26 Oktober 2008. Sebanyak 41 negara Asia berpartisipasi dalam ajang yang mempertandingkan 71 nomor pertandingan dari 19 cabang olahraga.

Pewarta: Azizah Fitriyanti
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2018