Jakarta (ANTARA News) - Hong Kong harus menerima kenyataan bahwa mereka hampir pasti harus pulang lebih awal untuk cabang olahraga bola basket putri Asian Games 2018.

Pasalnya, tim besutan Ho Kin Koon itu menelan kekalahan ketiga saat dibekuk Thailand 76-86 dalam laga lanjutan penyisihan Grup Y di Hall Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu.

Hasil laga itu membuat mereka kini mengakrabi dasar klasemen Grup Y mengantongi tiga poin dari tiga kekalahan dan selisih skor total defisit 91 poin.

Secara matematis, Hong Kong memang masih bisa menyamai raihan poin salah satu dari dua tim yang berada di atasnya, yakni Thailand (3) di peringkat ketiga dan Mongolia (3), jika keduanya selalu menelan kekalahan di dua laga sisa dan Hong Kong menang di laga akhir. 

Namun syaratnya Hong Kong harus menang di laga pamungkas dan memiliki selisih skor lebih baik, yang agaknya sulit untuk diwujudkan lantaran mereka bakal menghadapi salah satu favorit juara, China, pada Kamis (23/8).

Sementara itu bagi Thailand, kemenangan itu menjaga asa mereka lolos ke perempat final dan mendapatkan lawan dengan peringkat lebih rendah meski mereka masih harus menghadapi Jepang pada Selasa (21/8) dan Mongolia dua hari berselang.

Baca juga: Redam barisan penembak Mongolia, basket putri Jepang menang telak

Baca juga: Bekuk India 84-61, Chinese Taipei satu kaki di fase gugur


Kemenangan Thailand disokong raihan 24 poin oleh Thidaporn Maihom, yang diikuti 18 poin dari Supavadee Kunchuan, 13 poin milik Supira Klanbut serta 11 poin yang dicetak kapten tim Penphan Yothanan.

Sedangkan bagi Hong Kong, talenta muda Tzs Kwan Li membuktikan bahwa dirinya bisa menjadi salah satu tumpuan masa depan tim itu dengan mencetak 22 poin, hanya terpaut satu poin dari top skor mereka yakni Ka Man Wong dengan 23 poin.

Meski sempat memiliki keunggulan 12-2 di awal kuarter pertama, Hong Kong kehilangan hal itu dan membiarkan Thailand berbalik memimpin 18-16 kala menutup kuarter pertama lewat lemparan Kunchuan di paint area.

Hong Kong kembali mengejar dan menyamakan kedudukan 24-24 lewat tembakan Tsz Kwan Li di sisa waktu 7 menit kuarter kedua, namun sejak itu Thailand meraih rentetan poin 17-7 demi menutup paruh pertama pertandingan dalam keunggulan 41-31.

Hong Kong bangkit di kuarter ketiga dan mengantongi 28 poin tambahan demi memangkas jarak menjadi tersisa satu poin saja dalam skor 59-60.

Momentum kebangkitan Hong Kong berlanjut di kuarter keempat, mereka sempat menyamakan kedudukan 64-64 di sisa waktu 8 menit 32 detik. Kendati demikian, rentetan delapan poin tanpa balas yang diperoleh Thailand membuat mereka kembali menjauh 72-64 di sisa waktu 5 menit 12 detik.

Sejak itu, Thailand tak membiarkan Hong Kong mendekati raihan poin mereka lagi, sampai akhirnya memenangi pertandingan 86-76.

Baca juga: Dibekuk Jepang, Mongolia tak kapok andalkan tripoin

Baca juga: Jadwal bola basket hari ini, putri Indonesia buru kemenangan perdana

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018