Jakarta (ANTARA News) - Tim Nasional Indonesia hanya memiliki dua skenario untuk lolos ke babak 16 besar cabang olahraga sepak bola putra Asian Games XVII/2018.

Tim Garuda Muda yang menempati posisi ketiga Grup A dengan perolehan enam poin akan lolos ke 16 besar berstatus juara grup apabila menang atas Hong Kong pada pertandingan pamungkas di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Senin (20/8).

Jika meraih kemenangan, Indonesia akan mengumpulkan sembilan angka untuk melewati Hongkong (7 poin) dan Palestina (8 poin).

Namun skenario kedua adalah meraih hasil imbang atas Hong Kong kemudian lolos dalam kelompok empat tim yang menduduki peringkat ketiga terbaik.

Dalam format grup sepak bola putra Asian Games, terdapat enam grup yang akan mengirimkan dua wakilnya ke babak 16 besar, kemudian ditambah empat tim dari posisi tiga terbaik untuk menggenapi 16 kontestan yang akan berlaga di babak gugur.

Indonesia berpeluang lolos sebagai peringkat tiga terbaik dari Grup A. Sedangkan Uni Emirat Arab yang memiliki 3 poin berada di peringkat tiga Grup C, dan Pakistan dari Grup D juga mengantongi 3 poin di urutan tiga terbaik.

Tim-tim lain yang masih berpeluang menduduki peringkat tiga terbaik antara lain Thailand (Grup B memperoleh 2 poin), Kyrgystan (Grup E meraih 1 poin masih menyisakan satu laga) dan Myanmar (Grup F meraih 1 poin masih menyisakan satu laga).

Baca juga: China berharap raih emas sepak bola

Saat ini Indonesia yang memiliki enam poin hasil dua kali menang dan sekali kalah, berada di urutan teratas dalam urutan peringkat tiga terbaik.

Namun dalam persaingan peringkat tiga terbaik, Indonesia hanya dihitung memiliki tiga poin karena Grup A memiliki peserta yang lebih banyak, sehingga pertandingan melawan tim peringkat terbawah tidak dihitung, yakni poin kemenangan Indonesia atas Laos.

Artinya, dalam peringkat tiga terbaik, Indonesia memiliki tiga poin menyamai raihan angka Uni Emirat Arab dan Pakistan.

Apabila meraih hasil imbang atas Hong Kong, posisi Indonesia di urutan tiga terbaik (4 poin) berpeluang disamakan oleh Kyrgystan (peringkat 3 grup E) dan Myanmar (peringkat 3 grup F) yang memiliki 1 poin namun berpeluang meraih tiga poin pada satu laga tersisa pada Senin, demikian mengutip data klasemen laman Asian Games 2018.

Baca juga: Asian Games - Hasil dan klasemen grup sepak bola putra

Daftar tim peringkat tiga terbaik:

Indonesia (Grup A) - 3 poin* (poin melawan tim terbawah tidak dihitung)
Uni Emrirat Arab (Grup C) - 3 poin
Pakistan (Grup D) - 3 poin
Thailand (Grup B) - 2 Poin
Kyrgistan (Grup E) - 1 poin*
Myanmar (Grup F) - 1 poin*
*Menyisakan satu pertandingan

Jadwal pertandingan dan klasemen sementara Grup A:

Senin 20 Agustus pukul 19.00 WIB
Indonesia vs Hongkong
Chinese Taipei vs Laos

Pewarta:
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2018