Jakarta (ANTARA News) - Tim voli putra Arab Saudi menaklukan Kirgistan 3-1 (25-18, 20-25, 25-18, 25-17) dalam pertandingan grup A yang berlangsung di di Tennis Indoor GBK, Senayan, Jakarta, Senin.

Pertandingan berjalan seru sejak awal set pertama, karena kedua tim langsung saling silih berganti melakukan serangan. 

Meski demikian, serangan Arab Saudi yang dikomando kapten Ahmed Abdulrahman Albakheet lebih banyak menembus ke area pertahanan Kirgistan.

Set pertama berakhir 25-18 untuk Arab Saudi, setelah pengembalian bola Nurmukhammed Toktoev melebar di sisi belakang pertahanan lawan. 
Seakan terbangun dari tidur, Kirgistan langsung unggul 5-1 pada awal set kedua. Arab Saudi yang berupaya mengejar justru banyak melakukan kesalahan yang menguntungkan lawan.

Hal itu sempat membuat pelatih Arab Saudi Zharko Ristoski frustasi dan mendapatkan kartu kuning karena memprotes keputusan wasit Nathanon Sowapark asal Thailand dalam kedudukan 14-19.

Ketangguhan tim asuhan Andrei Akkudinov makin tidak terbendung, setelah spike keras Nurmukhammed Toktoev mengakhiri set kedua, 25-20 untuk Kirgistan. 

Permainan menawan Omar Mansour Alnajrani dan Hasan Abdullah Wathlan membuat Arab Saudi unggul cepat 8-3 pada awal set ketiga.

Kapten Kirgistan Onolbek Kanybek Uulu telah berupaya memotivasi rekan-rekannya untuk meredam agresifitas permainan Arab Saudi, namun hasilnya belum optimal.

Arab Saudi yang bermain lebih rapi, tidak memberikan kesempatan bagi Kirgistan untuk bernafas dan merebut set ketiga, 25-18. 

Pada set keempat, Arab Saudi kembali mengambil inisiatif dan langsung unggul 9-4, setelah spike Hasan Abdullah Wathlan gagal diblok pertahanan Kirgistan.

Meski berupaya memperkecil ketertinggalan berkat permainan menawan Nurmukhammed Toktoev, Kirgistan harus menyerah kalah.

Permainan cepat Ahmed Abdulrahman Albakheet dkk yang dominan membuat Arab Saudi unggul set keempat 25-17 dalam 24 menit.
Menurut rencana, Arab Saudi dan Kirgistan akan kembali bertanding melawan Indonesia masing-masing pada Rabu (22/8) dan Jumat (24/8). 

Grup A hanya diisi oleh tiga tim, yaitu tuan rumah Indonesia, Arab Saudi dan Kirgistan.

Pewarta: Satyagraha
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2018