Subang, Jawa Barat (ANTARA News) - Indonesia berharap bisa mencuri peluang untuk meraih medali di balap sepeda disiplin cross country pada Asian Games 2018 yang akan digelar di Subang, Jawa Barat pada Selasa.

Pelatih kepala timnas sepeda Indonesia Dadang Haris Purnomo menyatakan di Subang, Senin, bahwa cross country bukan lah disiplin yang menjadi unggulan Indonesia untuk meraih medali.

"Kita punya lawan yang cukup kuat, ada Iran, Kazakhstan, dan juga Jepang. Kita akan berusaha membuat kejutan besok," kata Dadang.

Indonesia akan menurunkan Rafika Mokhamad Farisi dan Chandra Rafsanzani di disiplin cross country putra, kemudia Noviana dan Rohidah di cross country putri.

Chandra Rafsanzani adalah atlet sepeda gunung nasional yang pernah menyabet medali emas nomor perorangan SEA Games 2011 Jakarta dan tim relay di SEA Games 2013 Myanmar.

Sayangnya, dia gagal finis podium di Asian Games 2014 Incheon setelah hanya menempati posisi kesembilan.

Sebelumnya, tim balap sepeda Indonesia pada Senin berhasil mengamankan dua medali emas, lewat Tiara Andini Prastika dan Kholil Mukhib, serta satu perunggu oleh Nining Purwaningsih, dari disiplin downhill.

Ketua Umum PB ISSI Raja Sapta Oktohari mengatakan hasil dua emas dan satu perunggu tersebut merupakan awal yang baik bagi timnas sepeda Indonesia sebagia tuan rumah ajang Asian Games 2018.

"Ini pembukaan yang baik.... tapi kita masih jauh dari finis. Mudah-mudahan ini menjadi semangat dan akan memberikan motivasi kepada atlet yang lain," kata Okto.

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2018