Bogor (ANTARA News) - Tim sepak bola Laos menang 2-0 atas Chinese Taipei yang membuatnya naik ke posisi empat Grup A cabang olahraga sepak bola putra Asian Games XVIII yang digelar di Stadion Pakansari Cibinong Bogor, Senin.

Laos yang sudah unggul 1-0 pada babak pertama kembali menambah gol di babak kedua lewat tendangan penalti setelah berbagai serangan belum ada yang menghasilkan gol.

Laos berkesempatan menggandakan keunggulan menjadi 2-0 lewat tendangan penalti dari Tiny Bounmalay pada menit 74. Tendangan Tiny sebenarnya sudah ditebak oleh kiper Wenchieh Pan ke arah sisi kiri, namun bola menyentuh sedikit tangan Wenchieh dan tetap menerobos net.

Beberapa kali Laos memiliki peluang untuk menambah angka, tapi penyelesaian kapten kesebelasan Tiny dan kawan-kawan belum ada yang maksimal. Kiper Chinese Taipei menampilkan permainan gemilang dengan melakukan sejumlah penyelematan.

Sepanjang pertandingan Laos bermain menyerang dengan melepaskan 15 kali percobaan tendangan dengan 10 di antaranya mengarah ke gawang.

Dengan hasil ini, Laos yang sebelumnya di posisi buncit Grup A dengan tiga kali kalah merangkak ke peringkat empat dengan perolehan tiga poin menyalip Chinese Taipei yang hanya mengemas satu poin. 

Hasil pertandingan Chinese Taipei melawan Laos ini tidak berpengaruh karena keduanya sudah dipastikan tidak lolos ke babak selanjutnya. Namun hasil laga ini memengaruhi selisih gol yang dihasilkan oleh Hong Kong sebagai peringkat tiga Grup A yang berhak lolos ke babak 16 besar setelah dikalahkan oleh Indonesia 3-1.

Pertandingan antara Hong Kong melawan Chinese Taipei dianggap tidak ada atau dibatalkan untuk menyamakan jumlah empat pertandingan dengan Grup B-F. Grup A satu-satunya grup yang diisi oleh lima tim dalam babak penyisihan sementara lima lainnya diisi empat negara. ***4***

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2018