Jakarta, (ANTARA News) - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta meniadakan untuk sementara waktu kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) saat Asian Games 2018. 

"Sehubungan dengan pelaksanaan Asian Games yang dimulai di Jakarta pada 18 Agustus 2018, kami mengusulkan agar kegiatan HBKB ditiadakan pada Minggu (26/8)," kata Kepala Dishub DKI Andri Yansyah kepada Antara di Jakarta, Selasa. 

Menurut dia, kegiatan HBKB akan dihentikan sementara karena pada 25 dan 26 Agustus 2018 para pelari marathon Asian Games akan menggunakan rute Gelora Bung Karno (GBK)-Jalan Jenderal Sudirman-Jalan MH Thamrin-Glodok. 

Dia menuturkan keputusan untuk meniadakan kegiatan HBKB pada Minggu (26/8) itu dilakukan sesuai dengan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 12 Tahun 2016 Pasal 5 Ayat 1. 

Dalam pergub itu, sambung dia, disebutkan bahwa pelaksanaan HBKB dapat dibatalkan jika pada waktu yang bersamaan juga dilaksanakan kegiatan/ event yang bersifat khusus (nasional/ internasional), dimana kegiatan tersebut memerlukan suatu pengaturan lalu lintas dan pengamanan yang bersifat khusus. 

"Untuk mengantisipasi sekaligus memastikan kegiatan tersebut dapat berjalan dengan lancar, kami akan melakukan persiapan pengendalian lalu lintas," ujar Andri. 

Nantinya, dia mengungkapkan para petugas Dishub DKI Jakarta akan melakukan penjagaan titik simpul di sepanjang rute lintasan Asian Games serta membantu jajaran kepolisian terhadap pelanggaran lalu lintas yang terjadi pada pelaksanaan kegiatan tersebut.
"Area HBKB itu juga nanti akan menjadi rute lintasan para peserta dan pendukung Asian Games 2018," ungkap Andri. 

Baca juga: Agus Prayogo fokus di nomor lari maraton Asian Games 2018

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2018