Jakarta (ANTARA News) - Tim putri Indonesia menelan kekalahan dari India dengan skor 22-54 pada babak penyisihan cabang olahraga kabaddi Asian Games 2018 di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Selasa.

Hasil ini menjadi kekalahan beruntun kedua tim Indonesia, setelah pada laga sehari sebelumnya takluk dari Sri Lanka 17-34. Satu-satunya kemenangan diraih saat menghadapi Jepang dengan skor 30-22.

Dalam pertandingan melawan India, pemain Indonesia kalah dalam hal teknik dan kelincahan, sehingga sejak awal pertandingan sudah terus tertinggal.

"India bermain habis-habisan di kabaddi putri setelah di sektor putra mereka sempat kalah dari Korea. Mereka sudah memulai olahraga ini duluan sebelum berkembang di Indonesia," kata pelatih Kabaddi Indonesia Chhaju Ram Gioyat di Teater Garuda TMII.

Raider andalan Indonesia Ni Putu Dewi Larasati juga mengakui kelebihan atlet India dan mengaitkannya dengan asal olahraga ini dari India.

Dalam pertandingan ketiga itu, atlet putri Indonesia sudah berusaha keras untuk bisa mengimbangi permainan tim India.

Berbagai upaya dilakukan raider Indonesia dalam mendapatkan poin, baik ketika menyerang maupun bertahan. Namun, tidak banyak mendapatkan angka, sebaliknya India berkali-kali mampu membukukan poin bonus.

Kabaddi adalah olahraga asal India yang populer di kawasan Asia Selatan. Olahraga ini dimainkan di seluruh negeri dan merupakan permainan resmi di negara bagian Punjab, Tamil Nadu, Bihar, Telangana, dan Maharashtra.

Kabaddi pertama kali dipertandingkan pada Asian Games 1990 di Beijing, China, untuk putra dan Asian Games 2010 di Guangzhou untuk putri.

India mendominasi cabang olahraga ini dengan menyapu bersih seluruh emas dari setiap gelaran yang ada.

Dalam laga melawan India, tim putri Indonesia diperkuat Kadek Surya Febriantari, Amiariasti Ni Kadek, Ni Putu Dewi Larasati, Ernawati Ni Kadek, Desak Gede Indah Vinda D, Ni Komang Isna Pratiwi, Ni Ketut Puspasari, Agustina Siregar, Kadek Chandra Wahyuni, Santih Ni Made Praartini Samith, I Gusti Anak Agung Pradnyawati, dan Ariningsih Komang.

Sementara India mengandalkan Sashi Kumari, Kavita, Pathak Salini, Khehra Randeep, Coudhury Payel, Shingate, Priyanka, Negi Rutu, Keripale Sayali, Narasimhaiah Usha, Manpreet Kaur dan Madhu.
Baca juga: Kabaddi puteri Indonesia ditaklukkan Sri Lanka

Pewarta:
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2018