Jakarta (ANTARA News) - Perenang pemegang tiga medali emas Olimpiade asal China Sun Yang menjadikan gelaran Asian Games 2018 sebagai ajang pembuktian diri setelah terus meningkatkan performanya.

"Saya telah meningkatkan performa diri dan membuktikannya dengan penampilan saya hari ini," ujar dia setelah menambah koleksi medali emas ketiga dalam Asian Games 2018 nomor 400 meter gaya bebas putra di Stadion Akuatik GBK, Jakarta, Selasa malam.

Sebelum bertanding di hari ketiga ini, ia mengaku pelatihnya menantikan hasil yang baik dari laga, setidaknya untuk merebut posisi kedua.

"Pelatih ingin tahu sejauh apa capaian saya dengan kondisi saya saat ini setelah latihan-latihan di beberapa hari terakhir," kata Sun Yang yang mengungguli dua perenang Jepang yakni Naito Ehara dan Kosuke Hagino yang masing-masing membukukan waktu tiga menit 47,14 detik dan tiga menit 47,20 detik dalam final nomor 400 meter gaya bebas putra itu.

Finis pertama dengan catatan waktu tiga menit 42,92 detik disebutnya bentuk keberhasilan membayar jasa pelatihnya.

Sebelumnya Sun Yang telah mengumpulkan dua medali emas pada nomor 200 meter gaya bebas putra dan 800 meter gaya bebas putra.

Atlet 26 tahun yang selalu merayakan kemenangan dengan membentangkan bendera negaranya itu juga membantu tim China merebut medali perak pada nomor 4x200 meter gaya bebas estafet putra.

Baca juga: Sun Yang peroleh emas ketiga renang

Pewarta: Dyah Dwi Astuti
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2018