Jakarta (ANTARA News) - Timnas bola tangan putra Jepang puncaki klasemen sementara grup 1 usai berhasil mengalahkan Irak dengan skor 27-24 dalam lanjutan babak utama grup 1 Asian Games 2018, di GOR POPKI Cibubur, Jakarta Timur, Rabu sore.

Pencetak gol terbanyak dalam pertandingan tersebut adalah Hiroki Motoki dari Jepang dengan total jumlah tembakan ke gawang Irak 11 tembakan. Sementara dari kubu Irak adalah Chad Abdlkan Ali Adnan dengan jumlah gol lima dari total tembakan ke gawang Jepang 10.

Pada 30 menit babak pertama Jepang tertinggal tiga angka dari Irak. Irak berhasil unggul dengan skor 15-12 karena pertahanan dari Jepang tak dijaga dengan baik.

Kepala Pelatih timnas Jepang Dagur Sigurdsson mengatakan bahwa pada babak pertama banyak kesalahan yang timnya lakukan. Namun usai turun minum timnya bisa melawan dan memperkuat pertahanan sehingga serangan dari Irak sering tertahan.

“Di ruang ganti saya mengubah beberapa strategi kemudian juga memberikan motivasi kepada mereka agar bisa memenangi lagi ini,” katanya.

Secara umum, ia mengaku puas dengan hasil tersebut dan memuji bangkitnya semangat juang dari timnya pada pertandingan tersebut.

Menurutnya Irak adalah tim yang kuat, dan timnya memerlukan perjuangan yang beras untuk bisa mengalahkan Irak. Selanjutnya Jepang akan bertemu dengan  Qatar.

“Qatar memiliki pemain yang hebat, oleh karena itu, kami membutuhkan istirahat yang cukup, sehingga bisa mendapatkan poin dalam pertandingan pada Jumat nanti,” tambahnya.

Dengan kekalahannya terhadap Jepang, Irak masih berada di klasmen terbawah grup 1 dengan jumlah poin 0 dari total dua kali pertandingan.

Irak sendiri di jadwalkan akan bertemu dengan Saudi Arabia pada Jumat (24/8) dengan konsekuensi harus menang, jika ingin mengamankan posisinya di grup 1. Babak utama bola tangan putra.

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2018