Jakarta (ANTARA News) - Timnas bola tangan putra Qatar berhasil menundukkan timnas Arab Saudi dengan skor tipis 28-23 dalam pertandingan babak utama grup I Asian Games 2018 di GOR POPKI, Cibubur, Jakarta Timur, Rabu malam.

Semenjak Pluit babak pertama dibunyikan oleh wasit asal Korea Selatan Seok Lee dan Bonok Koo kedua tim sudah saling menyerang. Namun gol pertama baru terjadi pada menit kedua melalui tangan A Alhammad pemain Arab Saudi.

Tak berselang beberapa detik Qatar membalas hingga skor di papan skor berubah menjadi 1-1 bagi kedua tim. Aksi saling serang membuat tensi permainan kedua tim cukup meningkat mengakibatkan wasit harus mengeluarkan enam kartu kuning dan satu kartu merah. 

Tiga kartu kuning bagi Arab Saudi dan tiga lagi bagi Qatar. Sementara kartu merah diberikan kepada Mojtaba Alsalem pemain Arab Saudi.

Di atas kertas Qatar memang dianggap lebih unggul dalam segala-galanya karena selain fisik yang tinggi taktik dan strategi menyerang dan bertahan juga sangat bagus.

Diisi oleh sejumlah pemain naturalisasi dari Eropa, Qatar selalu selalu mempunyai kesempatan untuk membuat gol jika sudah melakukan serangan .

Pada menit ke 15 hingga 26 ada kurang lebih 10 gol dilesatkan ke gawang Arab Saudi yang dilakukan oleh Abdulrazzad Murad dan kawan-kawannya ke gawang Arab Saudi sehingga sampai Pluit menit ke 30 babak pertama dibunyikan skor di papan skor menunjukkan Qatar unggul 16-10.

Memasuki babak kedua pelatih Arab Saudi Maroana Ortega meminta anak asuhnya untuk meningkatkan serangan tetapi juga sambil tetap bertahan.

Hal tersebut berhasil karena sejak menit ke 31-45 kurang lebih delapan gol dilesatkan ke gawang Qatar. Namun Arab Saudi tetap tertinggal karena sesekali Qatar selalu menyerang dan membuat gol.

Memasuki menit ke 50 Qatar meningkatkan serangan dan membuat gol. Sementara Arab Saudi kesulitan membuat goal akibat pertahanan yang sangat kuat dari Qatar.

Dengan kemenangan atas Arab Saudi maka, Qatar kokoh di puncak klasemen grup 1 dengan jumlah poin mencapai empat. Sementara Arab Saudi tetap berada di posisi tiga dengan jumlah poin dua selisih satu poin dengan Jepang.

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2018