Jakarta (ANTARA News) - Tim Nasional Iran sukes meraih juara umum di arena gulat Asian Games 2018 yang berlangsung pada 19-22 Agustus di Assembly Hall, JCC Jakarta.

Dengan memperoleh lima medali emas, para atlet Iran mencatatkan diri sebagai penguasa dan berjaya di nomor "freestyle" (gaya bebas) putra serta grego putra, sedangkan di bagian putri, negara itu tak mengutus satu pegulat.

Medali emas masing-masing dihasilkan dari tiga di nomor "freestyle" (gaya bebas) putra, yakni di kelas 86 kg oleh Hassan Yazdanicharati, kelas 97 kg putra melalui Alireza Kariminachiani dan Parviz Hadibasmanj di kelas 125 kg.

Dua emas pertama diperoleh pada hari pertama pelaksanaan, Minggu (19/8), sedangkan satu emas tambahan didapat di hari berikutnya, Senin (20/8).

Di hari ketiga, Iran tak berhasil menambah emas, tapi di hari terakhir sukses mempersembahkan dua emas melalui Mohammadali Geraei dari kelas 77 kg dan Hossein Nouri yang turun di kelas 87 kg.

Tak itu saja, Iran juga berhasil meraih medali perunggu gaya bebas putra atas nama Reza Atrinagharchi di kelas 57 kg, ditambah dua perunggu gaya grego putra kelas 60 kg serta 67 kg melalui  Mehrdad Mardani dan Mohammadreza Geraei.

Secara keseluruhan, total delapan medali yang dikoleksi Iran dari cabang olahraga gulat, yakni lima medali emas dan tiga medali perunggu.

Di bawah Iran, enam negara sama-sama berbagi dua medali emas, yakni China, Mongolia, Uzbekistan, Korea Utara, Korea Selatan serta India.

Bedanya, di medali perak China berkuasa dengan memiliki tiga keping dan satu medali perunggu, disusul Mongolia dengan satu perak dan tiga perunggu, begitu juga dengan Uzbekistan yang perolehan medalinya sama dengan Mongolia.

Selanjutnya Korea Utara berada di urutan kelima karena koleksi medali peraknya berjumlah satu ditambah dua perunggu, lalu Korea Selatan memiliki enam perunggu dan tak satupun perak, serta India dengan satu perunggunya.

Di peringkat berikutnya dihuni Jepang yang sukses menggondol satu emas, tiga perak dan enam perunggu, lalu diikuti Kazakhstan empat perak dan enam perunggu, Kyrgyzstan empat perak dan empat perunggu, Libanon dengan satu perak serta Turkmenistan dengan satu perunggu.

Total dari 30 negara yang menerjunkan 255 atlet di cabang olahraga gulat, 12 negara di antaranya sukses membawa pulang medali yang disediakan, yakni 18 medali emas, 18 medali perak dan 36 medali perunggu.

Rinciannya, enam emas, enam perak dan 12 perunggu dari gaya bebas putra, kemudian enam emas, enam perak dan 12 perunggu gaya greco roman putra dan enam emas, enam perak dan 12 perunggu gaya bebas putri.

Berikut peringkat perolehan akhir medali emas, perak dan perunggu cabang olahraga gulat pada 19-22 Agustus 2018. (Gaya bebas putra-putri dan gaya grego putra):

1. Iran 5 - 0 - 3
2. China 2-3-1
3. Mongolia 2-1-3
4. Uzbekistan 2-1-3
5. Korea Utara 2-1-2
6. Korea Selatan 2-0-6
7. India 2-0-1
8. Jepang 1-3-6
9. Kazakhstan 0-4-6
10. Kyrgyzstan 0-4-4
11. Libanon 0-1-0
12. Turkmenistan 0-0-1

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2018