Jakarta (ANTARA News) - Atlet tunggal putra Indonesia, Muhammad Nur Tastaftyan menyerah dari urutan 71 dunia asal Malaysia, Yuen Chee Wern dalam laga perdana pertandingan Squash di Kompleks Olahraga Gelora Bung Karno, Kamis.

Pertandingan antara Tastaftyan (Indonesia) dan Yuen (Malaysia) berlangsung selama 22 menit dengan skor 11-2, 11-5, 11-2.

Di babak pertama, Tastaftyan sempat mencetak dua angka terlebih dahulu. Namun, Yuen tidak hanya mengejar, tetapi mengunci pergerakan Tastaftyan hingga hanya mampu mencetak dua skor pada babak pertama.

Perlawanan mulai diberikan Tastaftyan pada babak kedua. Walau tetap kalah dari Malaysia, Tastaftyan berhasil mencetak lima poin pada babak kedua.

Meski demikian, Tastaftyan kembali hanya mencetak dua angka dan menyerah pada babak ketiga.

Ketua Bidang Pelatihan Pengurus Besar Persatuan Squash Indonesia (PB PSI) Nuryanto sebelumnya mengaku peluang Tastaftyan untuk masuk babak 16 besar tidak sebanyak rekannya Agung Wilant yang akan berlaga di tunggal putra.

“Peluang untuk Tyan (Tastaftyan) fifty-fifty (untuk lolos ke 16 besar), karena Malaysia tim favorit. Sementara, Agung mungkin punya peluang lebih besar, ia akan berhadapan dengan perwakilan dari Macau Liu Tsun Man,” kata Nuryanto saat ditemui sebelum pertandingan di luar lapangan Squash, kompleks GBK, Kamis.

Bagi Nuryanto, apapun hasilnya nanti akan menjadi bahan evaluasi bagi tim nasional Squash untuk kompetisi level internasional selanjutnya.

“Ini pertama, tim nasional menurunkan atlet untuk bertanding di Asian Games,” kata Nuryanto.

Indonesia, kata Nuryanto, mengirim dua atlet untuk tunggal putra dan dua atlet untuk tunggal putri.

Sementara itu, empat atlet akan diturunkan untuk beregu putra dan empat atlet untuk beregu putri.

“Jumlah atlet tim nasional Indonesia untuk Squash ada delapan orang,” jelas Nuryanto.

Untuk laga perdana Squash yang dimulai Kamis, ada 16 pertandingan yang akan berlangsung di lima lapangan Squash di kompleks Olahraga Gelora Bung Karno untuk babak penyisihan 32 besar.

Pertandingan perdana dimulai oleh tunggal putra pada pukul 10.00 WIB dan dan babak penyisihan untuk 16 besar akan dilanjutkan di hari yang sama pada pukul 17.30 WIB.  

Squash merupakan olahraga permainan turunan dari tenis lapangan. Perbedaanya, Squash dimainkan dilakukan dalam ruangan tanpa menggunakan net.

Permainan dilakukan dalam tiga babak dengan saling memantulkan bola khusus Squash ke arah tembok. Poin dihitung dengan sistem rally dari bola yang tidak berhasil terpantul.  

Pemain yang pertama mencapai angka 11 dinyatakan sebagai pemenang.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2018