Jakarta (ANTARA News) - Agung Wilant mengakhiri langkah tim nasional Squash Indonesia untuk nomor pertandingan tunggal putra dalam babak penyisihan 16 besar Asian Games 2018, setelah kalah telak 3-0 dari urutan 21 dunia asal Hong Kong, Au Chun Ming.
     
Pertandingan antara Agung dan Au berlangsung dalam tiga set dengan skor 3-11, 3-11, dan 4-11.
   
Agung sempat mencetak skor pertama pada gim kesatu, tetapi Au mempercepat tempo permainannya, hingga akhirnya wakil satu-satunya Indonesia di tungal putra harus menyerah di skor 3-11.
   
Au, pemain unggulan kedua Hong Kong kembali mendominasi jalannya pertandingan  dengan membuat pukulan-pukulan rendah dan menyilang. 
  
Tampak kewalahan dengan gaya permainan Au, Agung pun menyerah dengan skor 3-11 untuk set kedua. 
   
Sementara di set ketiga, Agung tampil lebih fokus, tetapi atlet asal Hong Kong tetap berhasil lebih unggul di lapangan. Walau kalah, Agung mampu menambah satu angka, hingga skor akhir pada set ketiga menjadi 4-11.
     
Kalahnya Agung pada babak penyisihan 16 besar pun mengakhiri langkah tim nasional Squash Indonesia pada nomor pertandingan tunggal putra.
   
Ketua Bidang Pelatihan Pengurus Besar Persatuan Squash Indonesia (PB PSI) Nuryanto mengatakan, sebagian besar pemain yang masuk babak penyisihan 16 besar merupakan atlet yang masuk dalam daftar rangking dunia versi PSA (Professional Squash Association).
    
“Sejauh ini, belum ada atlet Indonesia yang masuk dalam daftar ranking dunia PSA, tetapi kita tetap bersaing di lapangan,” kata Nuryanto saat ditemui di Squash Stadium, Kompleks Olahraga Gelora Bung Karno, Kamis.
  
Nuryanto menyadari tim nasional Squash memang tidak diunggulkan untuk meraih medali dalam ajang Asian Games 2018.
   
“Untuk pertandingan ini, kita bermain lepas tanpa beban, tetapi tetap fokus,” kata Nuryanto.
   
Di samping Agung Wilant, Yeni Siti Rohmah dan Catur Yuliana menjadi dua atlet tim nasional Squash yang akan mewakili Indonesia pada babak penyisihan 16 besar untuk nomor pertandingan tunggal putri.
   
Indonesia sendiri menurunkan delapan atlet untuk berlaga pada nomor pertandingan tunggal putra, tunggal putri, beregu putra, dan beregu putri.
    
Walau dinamakan beregu, tidak ada nomor pertandingan ganda yang akan dimainkan dalam Asian Games 2018.
   
“Beregu maksudnya ada tiga pemain dalam satu regu yang akan berlaga pada pertandingan tunggal. Indonesia mengirim satu tim untuk beregu putra dan satu tim untuk beregu putri,” terang Nuryanto.
   
Laga perdana Squash untuk babak penyisihan 32 besar dan babak penyisihan 16 besar berlangsung sejak pukul 10.00 WIB Kamis, di Squash Stadium, Kompleks Olahraga GBK.

Baca juga: Daftar pemain tembus babak 16 besar cabang squash
Baca juga: Kemenangan Catur Yuliana untuk mendiang ibunda
Baca juga: Yeni Siti Rohman tundukkan atlet Thailand pada cabang squash

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2018