Jakarta (ANTARA News) - Kontingen Korea Utara pada cabang angkat besi Asian Games 2018 untuk sementara menjadi pengumpul medali emas terbanyak dengan jumlah empat keping hingga hari ke empat penyelenggaraan atau Kamis.

Medali emas tersebut antara lain dipersembahkan lifter Ri Song Gum yang turun pada kelas 48 kilogram putri dengan total angkatan 199 kilogram, yang berasal dari jenis angkatan snatch seberat 87 kilogram dan clean and jerk 112 kilogram.

Emas berikutnya dari lifter putra Om Yun Chol pada kelas 56 kilogram dengan total angkatan 287 kilogram,yang berasal dari angkatan snatch 127 kg dan clean and jerk 160 kilogram.

Lifter putra di kelas 69 kilogram, O Kang Chol, berhasil menjadi yang terbaik dengan total angkatan 336 kilogram, berasal dari jenis angkatan snatch seberat 151 kilogram dan clean and jerk 185 kilogram.

Sedangkan emas satu lagi berhasil didulang oleh lifter putra Choe Jon wi pada kelas 77 kilogram, hari ini, yang berasal dari snatch seberat 155 kilogram dan clean and jerk 193 kilogram.

Kontingen Korea Utara masih memiliki peluang menambah medali emas mereka karena ada beberapa kelas lagi yang akan diikuti seperti kelas 63 kg putri dengan dua lifternya Choe Hyo Sim dan Kim Hyo Sim.

Kemudian di kelas 85 kilogram putra, Korea Utara memiliki wakil Jon Myong Son, kelas 69 kg putri ada lifter Rim Un Sim, pada kelas 75 kg putri terdapat lifter Rim Jong Sim serta kelas +75 kg putri akan turun lifter Kim Kuk Hyang.

Sementara tujuh medali emas yang diperebutkan hingga hari ke empat, selain empat keping diraih Kontingen Korea Utara, sisanya terbagi ke Indonesia, Fiipina dan Chinese Taipei.

Pewarta: Triono Subagyo
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2018