Bekasi, Jawa Barat, (ANTARA News) - Pelatih tim nasional U-23 Vietnam, Park Hang Seo, bersyukur skuatnya dapat memenangkan laga kontra Bahrain 1-0 dan lolos ke perempatfinal sepak bola putra Asian Games 2018 meski dalam kondisi kelelahan.

"Kami tidak berada dalam performa terbaik, salah satunya karena kelelahan," ujar Park usai laga kontra timnas U-23 Bahrain di Stadion Patriot Chandrabaga, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (23/8).

Hal itu yang menyebabkan pelatih asal Korea Selatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada anak-anak asuhnya.

Para pemain Vietnam dianggapnya tampil bagus dan sabar sehingga dapat mencetak gol di menit ke-88 yang dibuat oleh gelandang Nguyen Cong Phuong.

"Semoga kondisi kami meningkat dan semakin bugar di laga-laga berikutnya," tutur Park.

Terkait pertandingan itu, Park mengaku bahwa dirinya harus melakukan penyesuaian formasi ketika gelandang Bahrain Ahmed Sanad dikeluarkan wasit di menit ke-42 usai mendapatkan kartu merah langsung karena melanggar Do Duy Manh.

Dia menyebut keluarnya seorang pemain lawan membuat Vietnam mengubah formasi dari 3-4-3 menjadi 4-4-2. Di sinilah Nguyen Cong Phuong masuk dari bangku cadangan dan akhirnya membuat perubahan.

"Cong Phuong memang salah satu pemain kunci kami meski dia tidak bermain dari awal. Sementara untuk keputusan wasit, saya tidak mau berkomentar," kata Park.

Tim nasional U-23 Vietnam berhasil mengukir sejarah di Asian Games setelah berhasil lolos ke perempatfinal sepak bola putra untuk pertama kalinya sepanjang sejarah usai menaklukkan Bahrain 1-0 di 16 besar Asian Games 2018, Kamis.

Catatan manis yang ditorehkan di Stadion Patriot Chandrabaga, Bekasi, Jawa Barat tersebut terwujud berkat gol pemain pengganti Nguyen Cong Phuong di menit ke-88.

Sebelumnya, timnas U-23 Vietnam belum pernah melaju ke babak delapan besar sepak bola putra sejak Asian Games 2002, Asian Games pertama yang menerapkan aturan U-23 di sepak bola putra.

Prestasi itu pun belum pernah dirasakan oleh timnas senior Vietnam sejak penampilan mereka pertama kali di babak grup sepak bola putra pada tahun 1998.

Sebagai informasi, sebelum Asian Games 1978, Vietnam sudah pernah berpartisipasi di Asian Games tetapi dengan nama Vietnam Selatan, di mana pada Asian Games 1958, Vietnam Selatan juga sukses masuk ke perempat final dan meraih posisi keempat pada Asian Games 1962.

Di perempatfinal Asian Games 2018, timnas U-23 Vietnam akan menghadapi timnas U-23 Suriah dalam laga yang digelar Minggu (26/7) di Stadion Patriot Chandrabaga, Bekasi, Jawa Barat. 

Pewarta:
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2018