Jakarta (ANTARA News) - Atlet tunggal putri Nicole Ann David menajamkan dominasi Malaysia pada cabang olahraga Squash Asian Games 2018, setelah menundukkan pesaing asal Jepang Satomi Watanabe 3-0 di babak perempat final.
    
Dalam waktu sekitar 20 menit, pertandingan selama tiga set berhasil diselesaikan Nicol dngan sjor akhir 11-6, 11-4, 11-3.
   
“Pertandingan hari ini cukup baik, tentunya saya senang dapat melaju ke babak semifinal,” kata Nicol Ann David saat ditemui selepas pertandingan di Lapangan Grand Court, Squash Stadium, Kompleks Olahraga Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat.
   
Ia menyampaikan, untuk babak semifinal, ia akan banyak beristirahat untuk memulihkan tenaga.
   
“Saya sudah banyak latihan, sekarang lebih banyak istirahat, memulihkan diri misalnya dengan spa,” terang Nicol, pemain peringkat sembilan dunia versi Asosiasi Pemain Squash Profesional (PSA).
   
Di set pertama, Nicol telah menunjukkan dominasinya di lapangan dengan mengatur tempo pertandingan, melalui bola-bola rendah di sudut kiri lapangan.
   
Meski Satomi mampu membalas pantulan bola dari Nicol, wakil dari Jepang itu tampak kewalahan mengikuti ritme permainan Nicol. 
   
Apalagi, postur Nicol yang mungil dengan tinggi 162 centimeter membuat langkahnya lebih ringan dan gesit untuk membalas pantulan bola dari Satomi.
   
Berlanjut pada set kedua, Satomi sempat mampu mengejar selisih poin hingga imbang pada skor 2-2. Akan tetapi, Nicol pun memperbesar jarak skor dengan Satomi dan mengakhiri pertandingan dengan skor 11-4.
   
Sementara pada gim ketiga, pertandingan berjalan kurang dari 10 menit. Bola-bola rendah yang dipantulkan Nicol ke sudut lapangan ternyata menjadi kesulitan terbesar Satomi untuk membalik keadaan pada set ketiga.
   
Dalam ajang Asian Games 2018, Nicol menjadi satu-satunya pemain dari benua Asia yang masuk daftar 10 pemain teratas dunia.
   
Sementara lawannya pada babak perempat final, Satomi Watanabe, jauh bertengger di urutan 44 dunia versi PSA.
   
Selepas menang pada babak perempat final, Nicol tinggal menanti lawannya pada semifinal yang akan ditentukan dari hasil pertandingan antara Misaki Kobayashi (JPN) dan Dipika Pallikal Karthik (IND) di lapangan C2, Squash Stadium, Kompleks Olahraga GBK, pukul 16.00 WIB, Jumat.
      
Sebanyak delapan pemain dari Malaysia, Jepang, India, Hong Kong akan berlaga pada babak perempat final untuk nomor pertandingan tunggal putri, Jumat.
    
Sementara itu, delapan pemain dari India, Malaysia, Hong Kong, Qatar, dan Kuwait juga akan berlaga pada babak perempat final untuk nomor pertandingan tunggal putra, Jumat.
    
Pertandingan babak perempat final dimulai pada pukul 15.00 WIB-18.00 WIB, Jumat, di Squash Stadium, Kompleks Olahraga Gelora Bung Karno (GBK). 
   
Laga perdana untuk cabang olahraga Squash pada Asian Games 2018 berlangsung sejak pukul 10.00 WIB, Kamis. Sebanyak 32 pemain dari masing-masing nomor pertandingan tunggal putra dan tunggal putri berkompetisi untuk lolos dari babak penyisihan 32 besar dan 16 besar, Kamis. 

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2018