Jakarta (ANTARA News) - Tim nasional hoki putra India membungkam Jepang 8-0 dalam lanjutan babak penyisihan Grup A di Lapangan Hoki, Kompleks Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat.

Gol pertama India dimulai dari Upadhyay Lalit yang menggiring bola ke barisan tengah pertahanan Jepang dan kemudian ditembakkan ke kotak penalti yang langsung disambar oleh Singh Akashdeep.

Jepang lebih banyak bertahan dalam kuarter pertama. Tim asuhan Aikman SG itu hanya mengandalkan serangan balik yang gagal dimaksimalkan menjadi gol.

Peluang terbaik yang dimiliki Jepang terjadi di menit ke-8 yang memanfaatkan kesalahan barisan pertahanan India.

Tanaka Kenta berlari sambil menggiring bola tanpa pengawalan ketat pemain India. Tanaka Kenta yang hanya berhadapan satu lawan satu dengan kiper  gagal menceploskan bola karena kiper Raveendran Sreejesh berhasil menghalau bola dengan kakinya.

Gol kedua dihasilkan oleh Singh Dilpreet yang memanfaatkan kemelut di depan gawang Jepang.

Di menit ke-16, Singh Rupinder Pal mampu menambah keunggulan India melalui tembakannya dari sudut penalti skor menjadi 3-0 untuk India.

Ketinggalan tiga gol dari India, pemain Jepang meningkatkan intensitas serangan yang dimotori Yamashita Manabu.

Di kuarter ketiga dan keempat, India menambah 5 gol masing-masing dicetak Singh Mandeep (2 gol), Prasad Vivek (1 gol), Singh Akashdeep (1 gol), dan Singh Rupinder (1 gol). 

Kemenangan tersebut membuat India kokoh di puncak klasemen Grup A dengan nilai sembilan poin.

Pelatih India Singh Harendra mengatakan pemain anak asuhannya mampu memaksimalkan peluang yang didapat dari sudut penalti.

Ia pun memuji penampilan Kangujam Singh dan kawan-kawan yang menampilkan variasi serangan baik dari posisi sayap maupun tengah.

 

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2018