Jakarta (ANTARA News) - Angkatan snatch lifter Iran Sohrab Moradi pada kelas 94 kilogram cabang angkat besi Asian Games 2018 yang berlangsung di JI Expo, Kemayoran, Jakarta, Sabtu memecahkan rekor Asian Games serta melampaui rekor Asia dan rekor dunia senior.

Lifter Iran tersebut berhasil mengangkat barbel seberat 189 kilogram memecahkan rekor Asian Games yang dipegang  lifter Kazakhstan, Ahmetov. B dengan berat angkatan 185 kilogram.

Sedangkan rekor Asia yang dilampauinya yakni milik lifter Kazakhstan Sedov. V seberat 188 kilogram. Begitu pula rekor dunia senior milik lifter Yunani Kakiasvilis seberat 188 kilogram ia lampaui.

Lifter Iran Sohrab Morabi dari tiga kali jenis angkatan snatch sekali gagal yakni pada kesempatan kedua seberat 189 kilogram yang sebelumnya pada kesempatan pertama 182 kilogram ia lakukan dengan baik.

Saat melakukan angkatan kedua, seluruh penonton di arena angkat besi terdiam sambil menanti apakah lifter Iran tersebut mampu melakukannya, namun angkatannya gagal, barbel meleset ke bagian belakang dirinya.

Penonton pun memberikan apresiasi dan mendukung agar ia bisa melakukan angkatan pada kesempatan ketiga, dan berhasil. Meski mendapat aplaus dari penonton, namun lifter tersebut dengan santun menunduk tanda mengucapkan terima kasih.

Sementara untuk menentukan peraih medali masih harus dilakukan angkatan clean and jerk, dan saat ini sedang dilakukan pertandingan tersebut.

Baca juga: Lifter Indonesia siap berduel di kelas 69 kg putri
Baca juga: Sepuluh lifter berebut medali pada kelas 94 kg putra

Pewarta: Triono Subagyo
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2018