Jakarta (ANTARA News) - Lifter Iran Sohrab Moradi kembali berhasil mencatatkan dirinya sebagai pemecah rekor Asian Games pada kelas 94 kilogram putra untuk total angkatan sekaligus meraih medali emas.

Pada pertandingan di JI Expo, Kemayoran, Jakarta, Sabtu, lifter Iran tersebut berhasil mengangkat barbel pada jenis angkatan clean and jerk seberat 221 kilogram sehingga jika dijumlahkan dengan angkatan snatchnya seberat 189 kilogram maka total angkatannya menjadi 410 kilogram, memecahkan rekor Asian Games yang dipegang lifter Kazakhstan Ahmetov. B dengan total angkatan 400 kilogram.

Sohrab pada dua kesempatan dan ketiga jenis angkatan clean and jerk mencoba mengangkat barbel seberat 234 kilogram guna memecahkan rekor Asian Games seberat 226 kilogram yang dipegang lifter Livin Ilya dari Kazakhstan serta melampaui rekor Asia dan dunia atas namanya sendiri seberat 233 kg, tapi gagal.

Seandainya lifter Iran tersebut berhasil mengangkat barbel seberat 234 kilogram, maka akan memperbarui rekor total angkatan Asian Games yang baru saja dia ciptakan seberat 410 kilogram menjadi 423 kilogram.

Begitu pula seandainya berhasil mengangkat barbel seberat 234 kg, maka akan memperbarui total angkatan rekor Asia dan dunia senior seberat 417 atas namanya.

Sementara itu untuk peraih medali perak adalah lifter Qatar Fares Elbakh dengan total angkatan 381 kilogram dari jenis angkatan snatch seberat 166 kilogram dan clean and jerk 215 kilogram.

Sedangkan lifter Thailand Sarat Sumpradit meraih perunggu dengan total angkatan 380 kilogram dari snatch seberat 170 kg dan clean and jerk 210 kilogram.

Pewarta: Triono Subagyo
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2018