Jakarta (ANTARA News) - Ganda dan tunggal putra unggulan Jepang yaitu Takeshi Kamura/Keigo Sonoda sebagai unggulan ketiga dan Kento Momota sebagai unggulan kedua harus tumbang di babak 16 besar nomor perorangan Asian Games di Istora Senayan, Sabtu.

Kamura/Sonoda harus mengakui keunggulan ganda asal Malaysia Ong Yew Sin/Teo Ee Yi dalam dua gim langsung 21-10, 21-17 dalam pertandingan yang berlangsung 36 menit.

Ganda asal Malaysia tersebut kemudian berhadapan dengan ganda tuan rumah Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang dapat mengatasi perlawanan ganda Korea Kim Won Ho/Seo Seung Jae dalam dua gim langsung 21-18, 21-13.

Sementara itu, Momota yang tampil di nomor tunggal putra juga harus menyerah di tangan pemain andalan Indonesia Anthony Sinisuka Ginting dalam pertandingan dua gim 21-18,21-18.

Atas kemenangan tersebut, Ginting pun memperbaiki rekor pertemuannya dengan Momota yaitu dua kali kemenangan dari lima pertemuan.  

“Saya senang karena bisa melewati babak ini. Apalagi pada gim kedua sempat tertinggal cukup jauh tetapi saya mencoba untuk tidak menyerah,” kata Ginting.

Pada babak perempatfinal, lawan yang akan dihadapi Ginting juga cukup berat yaitu pemain China yang diunggulkan di tempat kelima Chen Long.

Chen Long melaju ke perempatfinal setelah mengalahkan tunggal Korea Heo Kwang Hee 24-22, 21-18. 

“Tetap harus fokus dan jaga kondisi fisik untuk pertandingan berikutnya,” kata Ginting.

Sementara itu, tunggal putra Indonesia Jonatan Christie juga melaju ke perempatfinal setelah harus berjuang tiga gim 17-21, 21-18, 21-18 melawan tunggal Thailand Khosit Phetpradab di babak 16 besar tunggal putra Asian Games 2018 di Istora Senayan, Sabtu.

“Setelah kalah di gim pertama, rasanya cukup tegang. Tetapi saya bermain di rumah sendiri sehingga ingin memberikan penampilan terbaik,” kata Jonatan.

Ia pun mengatakan sempat merasa kesulitan mengontrol bola karena faktor angin di lapangan sehingga beberap pukulannya selalu dinyatakan keluar.

Pada babak perempatfinal, Jonatan akan bertemu dengan pemain tunggal asal Hong Kong Vincent Wong Wing Ki yang menang atas pemain Chinese Taipei Wang Tzi Wei 21-12, 16-21, 21-13.

“Tentunya, pertandingan di babak berikutnya akan semakin sulit. Perlu persiapan lebih baik lagi. Saya akan coba istirahat lebih cepat untuk pemulihan fisik,” katanya. 

Sementara itu, kemenangan ganda putra unggulan pertama asal Indonesia Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo atas pasangan Jepang Takuto Inoue/Yuki Kaneko 21-16, 19-21, 21-18 seakan melengkapi pencapaian yang sudah dibukukan pemain Indonesia lain.

Pada gim penentuan, pasangan ganda putra Indonesia tersebut sempat tertinggal cukup jauh hingga 4-9 sebelum akhirnya dapat menyamakan kedudukan menjadi 14-14 dan terus unggul untuk memastikan tempat di perempatfinal.

“Kami terus mencoba melakukan yang terbaik, tidak menyerah,” kata Marcus. 

Marcus/Kevin akan ditantang pasangan asal Malaysia Goh V Shem/Tan Wee Kiong yang mengalahkan pasangan Nepal Bikash Shrestha/Nabin Shrestha 21-9, 21-12.

Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2018