Jakarta (ANTARA News) - Tim putra Jepang meraih tiket perempatfinal setelah mengalahkan India 3-1 (25-23, 25-22, 23-25, 25-20) dalam laga kualifikasi 12 besar yang berlangsung di Tennis Indoor, GBK, Senayan, Jakarta, Minggu.

Jepang yang sebelumnya mengalahkan Kazakhstan dan Myanmar di penyisihan Pool C langsung mengambil inisiatif serangan ke jantung pertahanan India.
Gebrakan ini membuat tim negeri sakura langsung unggul 9-6 pada awal set pertama melalui serangan cepat yang dilakukan Shunsuke Chijiki.

India yang mempunyai spiker handal Prabagaran terus meladeni serangan cepat Jepang melalui blok-blok yang rapat hingga mengimbangi skor 18-18.

Namun, Jepang terus mencecar pertahanan India yang dikomando kapten Mohan Ukkrapandian untuk meraih set pertama 25-23.

Tanda-tanda terjadinya skor ketat, seperti pada set pertama, terlihat pada awal set kedua, terutama setelah spike Prabagaran menjadikan posisi 9-9.

Setelah itu, skor kedua tim selalu berdekatan hingga kedudukan 21-18 untuk Jepang, berkat spike cemerlang Takashi Dekita. 

Berbagai instruksi pelatih Bir Yadav tidak mampu menahan Jepang untuk merebut set kedua 25-22 setelah spike Naoya Takano menembus pertahanan pemain India.

Pada awal set ketiga, India yang tidak ingin peluang menuju perempatfinal menghilang, mulai memberikan perlawanan melalui serangan Prabagaran dan Sinha Kumar.

Meski awalnya terlihat kepayahan dan sempat tertinggal 3-7, India mulai memimpin 15-14 melalui spike menyilang Charles Jerome Vinith.

Jepang yang kaget dengan perjuangan India berupaya mati-matian mengejar angka dan mulai memperkecil ketertinggalan hingga 20-21. 

India yang sudah diatas angin mengejutkan Jepang untuk merebut set ketiga 25-23, setelah servis Takuya Takamatsu menyangkut di jala.

Tim asuhan Gordon Mayforth tidak ingin mengulangi kesalahan yang sama di awal set keempat dengan mengencarkan serangan, meski perlawanan India tidak juga mengendur.

Namun, spike Takuya Takamatsu membuat Jepang menjauh 15-10 dan pengembalian bola Shunsuke Chijiki menjadikan skor 22-17.

Setelah itu, Jepang tidak terkejar lagi dan akhirnya memastikan tempat di perempatfinal setelah merebut set keempat 25-20.

Pada babak perempat final, Jepang akan menghadapi pemenang laga Qatar melawan Myanmar.

Baca juga: Tim voli Indonesia siap ladeni Thailand bidik perempatfinal

Pewarta:
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2018