Jakarta (ANTARA News) - Petinju Indonesia di nomor ringan putra (60 kg) Farrand Papendang melayangkan pukulan jab yang efektif, dan berhasil menjatuhkan petinju Korea Selatan Haeju Choi dua kali dalam laga penyisihan 16 besar di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, Minggu.
      
Dalam pertandingan tiga babak tersebut, Farrand meladeni pukulan kidal Choi dengan pertahanan rapat. Petinju dengan spesialisasi kidal memang dikenal memiliki serangan yang mematikan, sekaligus mampu bertahan dengan baik.
      
Ronde pertama menjadi pembuktian Farrand untuk tampil lebih tenang. Farrand yang berusia 25 tahun lebih banyak bertahan, sembari sesekali melayangkan jab untuk mencuri poin. Menutup ronde pertama, Farrand melayangkan jab dan berhasil membuat Choi jatuh.
      
Duel eksplosif berlanjut di ronde kedua dan ketiga. Sorak-sorai pendukung Indonesia di Hall C JIEXPO Kemayoran makin bergemuruh.
     
"Petinju Korsel mengajak saya main cepat, saya ladeni main cepat," uja Farrand usai bertanding.     
      
Di ronde ketiga, beberapa kali pukulan lurus (straight) dan jab Farrand mengoyak pertahanan Choi. Melalui jab kiri, Farrand memukul Choi hingga jatuh. Namun Choi mampu bangkit dan bertahan hingga akhir laga. Ketiga juri memutuskan Farrand menang telak 5-0.
      
"Di ronde pertama, saya lebih memilih untuk meraba-raba arah permainan. Baru di ronde kedua dan ketiga, saya tampil menyerang," kata Farrand.
     
Dukungan penonton yang memadati Hall C JIEXPO Kemayoran, Jakarta, pun menjadi "pemain kedua" yang membantu Farrand.
     
"Dukungan di sini luar biasa," ujar dia.
    
Farrand juga memuji perlawanan Choi yang membuatnya kewalahan sepanjang pertandingan.
    
Dengan kemenangan ini, Farrand melaju ke perempatfinal untuk melawan petinju Thailand Rujakan Juntrong yang berhasil menaklukan petinju Timor Leste Ramos Monteiro.
     
Farrand merupakan salah satu petinju Indonesia yang diandalkan untuk merebut medali emas pada Asian Games 2018 di nomor ringan putra (60 kg).
     
PB Persatuan Tinju Amatir (Pertina) sebelumnya mengatakan potensi medali bersumber dari Kelas Layang (46-49 kg), Kelas Terbang (49-52 kg), Kelas Bantam (52-56 kg), dan Kelas Ringan (56-60 kg).
     
Cabang olahraga tinju Asian Games 2018 melombakan 10 medali emas di 10 nomor. Indonesia mengirim semua atletnya di 10 nomor.

Baca juga: Petinju Aldoms Suguro pastikan tiket perempatfinal
Baca juga: Petinju putri Huswatun melaju ke perempatfinal
Baca juga: Libertus Gha siap buat kejutan

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2018