Jakarta (ANTARA News) - Tim berkuda Jepang berhasil meraih medali emas untuk kategori trilomba (eventing) nomor beregu Asian Games 2018 di Jakarta International Equestrian Park (JIEP), Pulomas, Jakarta, Minggu.

Atlet Jepang yang berlaga dalam trilomba beregu tersebut yaitu Takayuki Kimura dengan kudanya Poachers Hope, Kenta Hiranaga (Delago), Ryuzo Kitajima (Koko Doro), dan Yoshiaki Oiwa (Bart L JRA). Keempat atlet tersebut mencatatkan total penalti 82,40.

Pelatih tim trilomba beregu Jepang Laurent Bousquet dalam konferensi pers mengatakan bahwa empat atlet berkuda yang tergabung di timnya memiliki kerja sama yang mumpuni.

"Dalam dua tahun terakhir kami berupaya membangun sebuah tim yang kuat. Kami mencoba untuk membangun kepercayaan di antara kami," ujar pelatih asal Prancis tersebut.

Melalui pencapaian meraih emas di Asian Games 2018, Laurent kemudian akan mempersiapkan timnya untuk menghadapi Olimpiade Tokyo pada 2020 mendatang.

Kemudian, medali perak trilomba beregu diraih oleh tim India yang mampu mencatatkan total penalti 121,30 setelah menjalani tiga kali tes.

Atlet India yang tergabung dalam tim yaitu Rakesh Kumar dengan kudanya Veni Vedi Vici, Ashish Malik (Frimeur Du Record CH), Jitender Singh (Dalakany Du Routy), dan Fouaad Mirza (Seigneur Medicott).

Sementara tim Thailand yang mampu meraih perunggu terdiri dari Fuangvich Aniruth Deva dengan kudanya Bingo S, Arinadtha Chavatanont (Boleybawn Prince), Preecha Khunjan (Snowrunner), dan Korntawat Samran (APH Sparky). Tim tersebut mencatatkan total penalti 121,30.

Laga trilomba dalam cabang olahraga berkuda mempertandingkan tiga kali tes untuk para atlet berkuda yang bertanding, yaitu tunggang serasi (dressage), lintas alam (cross country), dan lompat rintang (jumping).

Baca juga: Atlet berkuda Jepang rebut medali emas trilomba perseorangan
Baca juga: Atlet Jepang minta ada toko souvenir di Wisma Atlet
Baca juga: Dua atlet berkuda Indonesia berhasil selesaikan laga lintas alam

Pewarta: Calvin Basuki
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2018