Jakarta (ANTARA News) - Delapan pesilat Indonesia melaju ke laga final setelah menaklukkan lawan-lawannya di semifinal pertandingan cabang olahraga Pencak Silat di ajang Asian Games Tahun 2018, di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur, Minggu.
 
Delapan pesilat itu, yakni Komang Harik Adi Putra, Iqbal Candra Pratama, Abdul Malik, Wewey Wita, Pipiet Khamelia, Sarah Tria Monita, Hanifan Yudani Kusumah, dan Aji Bangkit Pamungkas.
   
Komang Harik Adi Putra berhasil melaju final setelah mengalahkan pesilat Vietnam, Tuan Anh Pham di babak semifinal kelas putra kelas E 65 kg-70 kg dengan skor 5-0.
 
Di partai final, Komang akan berhadapan dengan pesilat Malaysia, Mohammad Al Jufferi Jamari, yang mampu mengalahkan pesilat asal Kirgistan, Zholdoshbek Akimkanov karena di diskualifikasi lantaran kelebihan berat badan. 
 
Abdul Malik berhasil lolos ke final setelah mengalahkan pesilat Laos, BO Thammavongsa di babak semi final kelas B putra 50kg-55kg dengan skor 5-0.
 
Dalam laga final, Abdul Malik akan bertemu pesilat Malaysia Muhammad Faizul Nasir yang sebelumnya menang melawan Filipina, Dines Dumaan. 
 
Pesilat Indonesia lainnya, Iqbal Candra Pratama juga berhasil menaklukkan pesilat Uzbekistan, Abdumalik Salimov dengan skor telak 5-0 di kelas D 60kg-65 kg.
 
Iqbal akan bertemu dengan pesilat asal Vietnam, Ngoc Toan Nguyen yang sebelumnya menang melawan Filipina, Jefferson Rhey Loon. 
 
Pesilat Aji Bangkit Pamungkas berhasil mengalahkan pesilat Vietnam, Duy Tuyen Nguyen di kelas I putra 85 kg-90 kg dengan skor 5-0.
 
Aji akan bertemu dengan pesilat Singapura Sheik Ferdous Sheik Alauddin di laga final. 
 
Pesilat putri, Wewey Wita menang telak dari pesilat asal Laos Olathai Sounthavong di kelas B 50 kg-55 kg dengan meraih skor sempurna 5-0.
 
Di laga final, pesilat Vietnam, Thi Them Tran yang sebelumnya menang melawan pesilat Singapura, Nurul Shafiqah Mohd Saiful. 
 
Pesilat putri lainnya, Pipiet Kamelia menang dalam pertandingannya melawan pesilat Thailand, Janejira Wankrue di kelas D putri 60kg-65kg dengan skor telak 5-0,
 
Pipiet akan bertemu dengan pesilat pesilat Vietnam, Thi Cam Nhi Nguyen di kelas yang sama. 
   
Sarah Tria Monita berhasil ke lolos ke final setelah meraih kemenangan dari pesilat Vietnam, Thi Loan Hoang. Sarah menang telak dengan skor 5-0 di kelas C putri 55kg-60kg dari Thi Loan. 
   
Sarah akan bertemu pesilat Laos, Nong Oy Vongphakdy di kelas yang sama di laga final. 
   
Sementara itu, Hanifan Yudani Kusumah menang atas lawannya dari Thailand, Adilan Chemaeng  di kelas C putra 55kg-60kg dengan skor telak 5-0.
 
Hanifan akan bertemu dengan pesilat Vietnam Thai Linh Nguyen. 
 
Dari 10 nomor yang dipertandingan, delapan pesilat Indonesia melaju ke final. Pesilat Eko Febrianto gagal melaju ke semifinal karena terkena diskualifikasi lantaran memukul wajah lawannya dalam pertandingan perempat final.
 
Sementara itu, Amri Rusdana langkahnya terhenti ke final setelah kalah dari pesilat Malaysia di semifinal yang berlangsung Minggu ini. 
Pesilat kelas seni 
 
Sementara di nomor lainnya di kelas seni, enam. pesilat Indonesia, baik tunggal putra, tunggal putri,  beregu, ganda putra maupun ganda putri lolos ke final. 
 
Pesilat Puspa berhasil lolos ke final setelah memperoleh nilai tertinggi, yakni 465 di tunggal putri. Sedangkan pesilat Sugianto juga lolos ke final setelah memperoleh nilai tertinggi 467 di tunggal putra.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2018