Jakarta (ANTARA News) - Tim bola voli putra Chinese Taipei tampil mengejutkan dan meraih tiket ke perempat final setelah mengalahkan Arab Saudi 3-1 (22-25, 25-19, 25-8, 25-23) dalam laga kualifikasi 12 besar yang berlangsung di Tennis Indoor, GBK, Senayan, Jakarta, Minggu.

Arab Saudi yang lebih diunggulkan karena merupakan pemuncak di Pool A langsung melakukan serangan di barisan pertahanan Chinese Taipei.

Hal ini yang membuat tim asuhan Zharko Ristoski sempat unggul sementara 12-9 melalui spike Muwaffaq Masoud Almutairi.

Meski Chinese Taipei memberikan perlawanan, tapi permainan Arab Saudi di set pertama benar-benar dominan hingga memimpin 22-17.

Arab Saudi memastikan merebut set pertama 25-22 setelah Nawaf Abdulrahman Albakheet memblok spike kapten Chien-Chen Chen.

Kondisi sangat berbeda terjadi di set kedua, karena Chinese Taipei benar-benar memberikan perlawanan yang sepadan untuk Ahmed Abdulrahman Albakheet dan kawan-kawan.

Dalam periode ini, Chinese Taipei langsung unggul hingga 13-9 dan seterusnya 17-10 setelah servis Ibrahim Majrashi menyangkut di jala.

Permainan menyengat tim asuhan Chen Yu-an yang tidak terlihat di set pertama, memastikan keunggulan Chinese Taipei 25-19.

Penampilan dominan Arab Saudi yang menjadi pembeda selama penyisihan di Pool A sama sekali hilang di set ketiga, karena banyaknya spike dan blok yang gagal.

Chinese Taipei bahkan mengunci perolehan Arab Saudi di angka 7, sedangkan Hong-Jie Liu dan kawan-kawan terus melaju hingga poin 24.

Skor telak di set ketiga 25-8 untuk Chinese Taipei benar-benar mengejutkan, karena buruknya konsentrasi maupun koordinasi dari lawan.

Arab Saudi yang tidak ingin lagi dipermalukan mulai bangkit di set keempat, hingga kejar mengejar skor terjadi pada kedudukan 6-6 dan 7-7.

Perolehan angka ketat juga terjadi pada posisi 15-15, 19-19, 20-20 dan 22-22, namun Chinese Taipei yang unggul semangat langsung mengunci set keempat 25-23.

Dengan kemenangan ini, maka Chinese Taipei berhak mendapatkan bye di perempat final, dan baru akan berlaga di semifinal pada Kamis (30/8).

Lawan dari Chinese Taipei adalah pemenang laga antara Indonesia dengan Korea Selatan di perempatfinal pada Selasa (28/8).

Tercatat sebagai bintang kemenangan Chinese Taipei adalah Hong-Jie Liu yang membuat 12 spike, Chien-Feng Huang yang mencetak 11 spike serta Hung-Min Liu yang membukukan 10 spike.

Dalam laga lainnya yang berlangsung di GOR Bulungan, tim kuat Qatar mengalahkan Myanmar tiga set langsung (25-21, 25-18, 25-20) untuk memastikan kelolosan ke perempat final.

Selanjutnya, Qatar akan menantang peraih medali perak di Asian Games 2014 Incheon, Jepang, yang sebelumnya mengalahkan India 3-1.

Pewarta: Satyagraha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2018