Bogor (ANTARA News) - Tim Nasional U-23 Arab Saudi bermain imbang dengan skor sementara 1-1 melawan Timnas U-23 Jepang pada babak pertama dalam laga perempat final cabang olahraga sepak bola putra Asian Games XVIII yang digelar di Stadion Pakansari Cibinong Bogor, Senin.

Kedua tim sama-sama menguasai permainan dengan penguasaan bola antara Arab Saudi dan Jepang hanya 45 berbanding 55 persen. 

Statistik menunjukkan Jepang melepaskan percobaan tendangan sebanyak lima kali dengan tiga tendangan mengarah ke gawang dan satu di antaranya berbuah gol. Sementara Arab Saudi hanya dua kali melakukan tendangan dan satu di antaranya menghasilkan gol.

Pemain tengah Jepang Yuto Iwasaki melepaskan tendangan dari luar kotak penalti ke sudut gawang lawan pada menit 5, namun kiper Arab Saudi Mohammed Faray Alyami mampu melakukan penyelamatan yang gemilang.

Arab Saudi memiliki kesempatan untuk mencetak gol dalam serangan balik cepat di menit 26, namun sayang tendangan Abdulrahman Abdullah di dalam kotak penalti masih melebar ke sisi kanan gawang.

Jepang berhasil memecah kebuntuan, setelah beberapa kali serangannya gagal, lewat gol Yuto Iwasaki pada menit 31. Iwasaki melesakkan tendangan dari luar kotak penalti ke sudut kiri gawang yang tak mampu dihalau oleh kiper Arab Saudi.

Selang delapan menit, pemain bertahan Arab Saudi Abdullah Ahmed, yang menekan ke jantung pertahanan lawan dalam memanfaatkan umpan dari tendangan bebas, berhasil mencetak gol di menit 39. Tendangan datar Ahmed mengenai bek Jepang sehingga bola melambung dan bersarang ke gawang kiper Ryosuke Kojima. Skor 1-1 bertahan hingga peluit panjang babak pertama berbunyi.

Pertandingan tersebut dipimpin oleh wasit dari Kirgiztan Timur Faizullin dan asisten wasit Chynybekov Zamirbek, dan asisten wasit dari Turkmenistan Palvan Palvanov.

Susunan pemain
Arab Saudi: Mohammed Faray Alyami (GK), Abdullah Ahmed Alyousif, Abdulelah Ali Alamri, Yousef Saad Alharbi, Abdulrahman Abdullah Ghareeb, Abdullah Yahya Magrshi, Haroune Moussa Camara, Syman Shafiq Alkhulaif, Awn Muylaq Alsaluli, Ali Hassan Alasmari (C), Nasser Salman Alomran
Pelatih: Saad Ali Alshehri

Jepang: Ryosuke Kojima (GK), Yoichi Naganuma, Kou Itakura (C), Daiki Sugioka, Reo Hatate, Yuto Iwasaki, Taishi Matsumoto, Kouta Watanabe, Daizen Maeda, Takuma Ominami, Yugo Tatsuta
Pelatih: Hajime Moriyasu.

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2018