Jakarta (ANTARA News) - Tim tenis meja putri China maju ke semifinal beregu putri Asian Games-18 setelah dalam babak delapan besar mengalahkan saingan bebuyutannya China dengan skor telak 3-0 pada pertandingan yang digelar Senin malam di JI Expo Hall B3 Kemayoran, Jakarta.
     
Bermaterikan pemain Wang Manyu, Chen Meng dan Zhu Yuling, petenis meja China mendapat perlawanan ketat dari Jepang yang bermaterikan Kato Miyu, Ando Minami dan Maeda Miyu, namun berkat ketenangan dan teknik yang sedikit lebih baik, China sukses membungkam Jepang dengan angka telak. 
     
Jepang pada Asian Games ini tidak menurunkan pemain putri andalan mereka yang berusia belasan tahun dan dalam beberapa kejuaraan internasional menjadi juara dan mengalahkan petenis meja terbaik dari China. Mereka adalah Ito Mima dan Hirano Miu.
     
Tidak diketahui kenapa Jepang tidak menurunkan kedua atlet dunia mereka di Asian Games. Ketika itu ditanyakan pada Maeda Miyu usai pertandingan, dia menjawab dengan bahasa Jepang dan menyatakan tidak bisa berbahasa Inggris, begitu juga dengan atlet putri Jepang lainnya.
     
Pada pertandingan pertama Wang Manyu menang 3-1 dari Kato Miyu dengan skor 5-11, 11-7, 11-6 dan 11-9. Wang telat panas di set awal dan sering mati sendiri saat adu reli, namun di set selanjutnya ia bermain tenang dan melayani adu pukulan sambil sesekali menyerang menggunakan smes putaran kencang dari pengembalian bola cop lawan.
     
Cheng Meng sukses membungkam Ando Minami juga dengan skor 3-1 ( 11-6, 8-11, 11-9 dan 11-6). Cheng mampu melayani reli cepat petenis meja Jepang yang berdiri rapat dekat meja dan menjadi ciri khas mereka. Adu smes sering terjadi dalam mendapatkan poin hingga mendapat aplaus dari penonton.
     
Beberapa kali servis dari petenis meja Jepang bisa dipatahkan termasuk bola pendek dengan split spin yang rumit, namun kadang bola yang melewati net itu juga bisa dimatikan melalui smes kuat saat bola jatuh tepat ditempat lawan yang sudah siap mematikan bola.
     
Di pertandingan ketiga Zhu Yuling mengalahkan Maeda Miyu dengan skor telah 11-6, 11-3 dan 14-12. Maeda yang menanggung beban atas dua kekalahan rekannya di pertandingan terdahulu kurang berkembang permainannya setelah petenis meja China terus menekan melalui serangan menggunakan sisi kanan dan kiri bet.
     
Bersama China, tiga negara lain yang juga maju ke semifinal adalah Republik Korea yang mengalahkan Singapura 3-1, selanjutnya Hongkong menang atas India 3-1 dan Korea Utara (DPR Korea) menang atas Chinese Taipei 3-1.

Pewarta: Purnomo
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2018