Jakarta (ANTARA News) - 20 tim akan bersaing pada babak penyisihan grup cabang olahraga Rugby-7 Asian Games 2018 di lapangan Rugby, Gelora Bung Karno ( GBK), Senayan, Jakarta, pada Kamis (30/8).

Untuk kategori putra  diikuti oleh 12 tim dan dibagi menjadi tiga grup, sedangkan putri terdiri dari 8 tim dibagi menjadi dua grup.

Rugby-7 Asian Games dijadwalkan berlangsung selama tiga hari yakni pada 30 Agustus- 1 September 2018 bertempat di lapangan Rugby, Gelora Bung Karno ( GBK), Senayan, Jakarta,

Tim putra Indonesia tergabung dalam grup B bersama dengan Jepang, Malaysia dan Chinese Taipe.

Sedangkan tim putri Indonesia tergabung dalam grup E bersama dengan Jepang, Kazakhstan dan Thailand.

Cabang olahraga ini bukan termasuk cabang olahraga baru di Asian Games, karena sejak Asian Games  tahun 1998 di Bangkok, Thailand, rugby sudah dipertandingkan dengan dua kategori sekaligus yakni rugby union dan rugby-7.

Namun sejak Asian Games 2006 di Qatar, hanya rugby seven yang dipertahankan, sedangkan rugby union tidak dipertandingkan.

Untuk tingkat Asia, cabang rugby seven ini dikuasai oleh Jepang dan Korea Selatan.

Manajer Indonesia, Dudi Gambiro di lapangan Rugby GBK, Rabu, mengakui bahwa tim Indonesia tak begitu diunggulkan di Asian Games 2018.

Penyebabnya karena postur para pemain Indonesia yang terbilang kecil dibandingkan peserta lainnya.

Namun demikian, Dedi mengatakan bahwa skuadnya siap membuat kejutan pada perhelatan Asian Games 2018 dan berharap bisa memberikan prestasi terbaik untuk bangsa dan negara.

"Kecepatan dan agility adalah kunci utama ketimbang postur yang besar, kami berharap anak- anak tetap menunjukan semangat bertanding yang tinggi, menghadapi tim manapun, harapan kami bisa zona medali," tegasnya.
 

Arsip. Uji Kesiapan Rugby Asian Games Pemain rugby putra DKI Jakarta Andre (kedua kiri) berebut bola dengan pemain rugby putra Papua Laurens (kedua kanan) dan Robby pada Kejurnas Rugby 7's di GOR Soemantri Brodjonegoro, Jakarta, Rabu (25/10/2017). Kejuaraan tersebut merupakan ajang seleksi dan uji kesiapan jelang Asian Games 2018. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)



Rugby - 7 merupakan bentuk lebih praktis dari rugby union. Jika rugby union dimainkan 15 pemain di masing-masing tim dan 40 menit untuk tiap babak, rugby sevens dimainkan oleh 7 pemain di masing-masing tim dan hanya 7 menit di tiap babak.

Rugby pertama kali dilombakan di Asian Games XIII Bangkok tahun 1998 dalam nomor rugby union dan rugby sevens, dan belanjut hingga Asian Games XIV Bisan tahun 2002.

Namun, di Asian Games XV Doha tahun 2006 hanya rugby sevens yang dilombakan. Rugby sevens untuk wanita mulai dilombakan di Asian Games XVI Guangzhou tahun 2010. Korea Selatan dan Jepang bersaing menjadi nomor 1 di cabang rugby di Asian Games.
 

Jadwal pertandingan cabang olahraga rugby Asian Games 2018. (ANTARA/HO/INASGOC)

Pewarta: Arumanto
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2018