Jakarta ( ANTARA News) - Tim bola voli putra Thailand mengalahkan Arab Saudi tiga set langsung (25-23, 27-25, 25-22) dalam pertandingan perebutan posisi 7-10 yang berlangsung di Tennis Indoor, GBK, Senayan, Jakarta, Kamis.

Dengan kemenangan ini, Thailand berpeluang untuk merebut posisi tujuh dalam turnamen dan menanti lawan selanjutnya antara China dengan Pakistan.

Thailand, yang gagal melaju ke perempat final karena harus mengakui keunggulan Indonesia, memulai serangan pada awal set pertama. 

Tim asuhan Monchai Supajirakul sempat meraih keunggulan tipis 8-7 setelah spike Kitsada Somkane gagal dikembalikan oleh Ibrahim Ali Majrashi.

Skor ketat mulai terjadi karena kedua tim tidak terlihat saling memperkuat pertahanan dan membiarkan lawan berkreasi dalam menyusun serangan.

Kejar mengejar angka masih terjadi hingga posisi 17-17, 20-20 dan 22-22, sebelum akhirnya Thailand meraih set pertama 25-23 melalui spike Chatmongkhon Paketkaeo.

Pada awal set kedua, Arab Saudi yang menjadi pemuncak Pool A, terlihat belum pulih dari kekalahan di fase kualifikasi 12 besar, dan terus mengalami tekanan dari Thailand.

Meski Arab Saudi memberikan perlawanan, Thailand dapat mengejar hingga kedudukan 14-11, melalui spike Kantarat Koonmee.

Tim asuhan Zharko Ristoski seperti akan meraih kemenangan pada set kedua, setelah unggul 25-24, berkat spike menyilang Ali Ibrahim Majrashi.

Namun, Thailand bermain lebih cerdik dan meraih tiga poin dalam waktu cepat, berkat pertahanan yang rapat, untuk menutup set kedua 27-25.

Pada awal set ketiga, Arab Saudi masih mampu menahan serangan Thailand dan mengimbangi kombinasi serangan Kissada Nilsawai dan kawan-kawan.

Namun, Arab Saudi seperti tidak lagi semangat untuk mengejar ketertinggalan di dua set awal, karena barisan pertahanan mulai melakukan kesalahan.

Partai yang hanya memperebutkan penentuan peringkat  ini, berakhir 25-22 untuk kemenangan Thailand di set ketiga.

Tercatat sebagai bintang dalam pertandingan ini adalah Konhan Amorntep yang mencatatkan 15 spike, Kantarat Koonmee yang membukukan 12 spike dan Kitsada Somkane yang membuat 11 spike.

Sementara itu, dalam laga perebutan posisi 17-18, Kazakhstan menang WO atas Mongolia, karena lawan tidak hadir di GOR Bulungan.

Dengan kemenangan ini, maka Kazakhstan dipastikan menempati posisi 17 dan Mongolia menduduki peringkat 18 dalam cabang olahraga bola voli putra di Asian Games. 

Pewarta: Satyagraha
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2018