Jakarta (ANTARA News) - Duo pebalap Hong Kong King lok Cheung/Chun Wing Leung merebut medali emas nomor balap sepeda track madison putra Asian Games 2018 di Jakarta International Velodrome, Jumat.

Cheung dan Leung keluar sebagai juara dengan mengumpulkan poin terbanyak yaitu 59 point di balapan sepanjang 40 km atau 160 putaran itu.

Duo pebalap Hong Kong yang memiliki poin sama dengan duo Korsel Sanghoon Park/Okcheol Kim di 10 lap terakhir, akhirnya finis dengan hasil lebih baik di sprint terakhir sehingga memperoleh tambahan poin lebih banyak daripada duo Korsel.

Korsel harus puas di tempat kedua dengan medali perak setelah finis dengan 53 poin.

Sementara itu medali perunggu diraih oleh duo pebalap Jepang Eiya Hashimoto/Imamura Shunsuke dengan torehan 28 poin.

Aturan madison mirip dengan point race namun dilakukan oleh tim. Setiap tim menurunkan dua pebalap namun hanya satu pebalap diperbolehkan membalap di setiap satu putaran atau lebih, tergantung strategi tim.  

Sementara pebalap yang lain memutar di bagian teratas trek untuk mengatur nafas sebelum rekannya menyentuhnya, tanda untuk melanjutkan balapan. Terkadang kedua pebalap mengayunkan rekannya kedepan untuk menambah daya dorong.

Tim melakukan sprint di setiap 10 lap untuk meraih poin. Pebalap bisa mendapat 20 poin jika melakukan overlap pebalap lain, sementara pebalap yang ter-overlap dikurangi 20 poin. Tim dengan poin terbanyak keluar sebagai pemenang.

Indonesia yang menurunkan Projo Waseso/Bernard Benyamin van Aert finis di peringkat tujuh dengan -12.

 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2018