Jakarta (ANTARA News) - Jadwal pertandingan final dan laga kualifikasi bola voli putra yang akan digelar di dua tempat di Tennis Indoor GBK dan GOR Bulungan, Jakarta Selatan, Sabtu (1/9).

Partai final cabang bola voli putra akan mempertandingkan antara sang juara bertahan, Iran, dengan Korea Selatan, pada pukul 19.00 WIB di Tennis Indoor, GBK, Senayan, Jakarta.

Laga penentuan juara ini merupakan kesempatan bagi Amir Ghafour dan kawan-kawan untuk mempertahankan emas yang diperoleh pada Asian Games 2014 di Incheon.

Sedangkan, final ini juga merupakan peluang bagi Korea Selatan, yang empat tahun lalu hanya meraih perunggu, untuk mencatatkan tinta emas dan meraih gelar juara Asian Games yang sebelumnya gagal diraih di kandang sendiri.

Dalam perjalanan ke final, Iran belum pernah kehilangan satu set pun, setelah mengalahkan Pakistan dan Mongolia di Pool B, China di fase 12 besar, dan Qatar di semifinal.

Sedangkan, Korea Selatan unggul atas Chinese Taipei 3-2 dan Nepal 3-0 di Pool D, mengalahkan Pakistan 3-0 di fase 12 besar, menaklukan Indonesia 3-0 di perempat final dan kembali menyingkirkan Chinese Taipei 3-2 di semifinal.

Laga lain di Tennis Indoor, adalah perebutan perunggu atau penentuan peringkat 3-4 antara Chinese Taipei dengan Qatar yang akan berlangsung mulai pukul 10.00 WIB.

Laga ini merupakan kesempatan terakhir bagi Chinese Taipei yang kalah tipis 2-3 dari Korea Selatan dan Qatar yang kalah tiga set langsung dari Iran untuk membuktikan diri dan memperoleh medali.

Chinese Taipei yang lebih bergairah dalam menjalani berbagai pertandingan di turnamen Asian Games ini lebih berpeluang memperoleh medali, dibandingkan Qatar yang lesu ketika berlaga di semifinal.

Sementara itu, tuan rumah Indonesia akan bertanding dalam laga perebutan peringkat 5-6 di GOR Bulungan melawan Jepang mulai pukul 19.00 WIB, atau bersamaan dengan partai final di Tennis Indoor GBK.

Pertandingan ini merupakan peluang bagi tim asuhan Samsul Jais untuk memperbaiki peringkat di Asian Games dan mengukur kemampuan Indonesia dengan negara-negara lainnya di persaingan voli Asia.

Selain itu, partai ini merupakan kesempatan terakhir bagi Rivan Nurmulki dan kawan-kawan, untuk memberikan hiburan terakhir bagi para fans setia, yang tidak kenal lelah mendukung perjuangan Indonesia selama Asian Games.

Laga di GOR Bulungan juga akan mempertandingkan perebutan peringkat 7-8 antara Thailand dengan Pakistan mulai pukul 16.30 WIB.

Berikut jadwal final putra dan laga kualifikasi bola voli lainnya pada Sabtu (1/9):

Chinese Taipei vs Qatar, perebutan medali perunggu, Pukul 10.00 WIB. (Tennis Indoor GBK)
Thailand vs Pakistan, perebutan posisi 7-8, Pukul 16.30 WIB. (GOR Bulungan)
Iran vs Korea Selatan, final, Pukul 19.00 WIB. (Tennis Indoor GBK)
Indonesia vs Jepang, perebutan posisi 5-6, Pukul 19.00 WIB. (GOR Bulungan).

Pewarta: Satyagraha
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2018