Jakarta (ANTARA News) - Timnas hoki putri Jepang berhasil meraih emas Asian Games 2018 seusai mengalahkan India 2-1 di Lapangan Hoki, Kompleks Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat malam.

Jalannya pertandingan pada awal laga berlangsung sangat ketat dan dibumbui duel-duel keras antara kedua tim.
Kedua tim sama-sama bermain dengan skema menyerang sehingga jual-beli serangan tak terelakkan.

India mendapatkan peluang pertama melalui Vandana Katariya. Namun pukulan pemain bernomor punggung 16 itu meleset di sisi kanan gawang Jepang.

Melalui sudut penalti, Jepang berhasil mencetak gol pertama karena pukulan Shimizu Minami tidak mampu dihalau kiper Savita.

Jepang meningkatkan serangan dengan umpan terobosan serta silang yang dimotori Kawamura Motomi. Namun upaya Motomi tidak mampu menembus tembok pertahanan India yang dijaga ketat Lakra Sunita maupun Ekka Deep Grace.

Sementara itu, Monika, Minz Lilima dan Lalremsiami beberapa kali melakukan akselerasi yang mampu melewati pemain Jepang untuk memberikan umpan terobosan ke lini depan.

Namun, Segawa Maho serta Natsuki Naito berhasil beberapa kali memotong umpan terobosan pemain India dan menghalau serangan balik tim asuhan Marijne S.

India berhasil mencetak gol melalui umpan satu dua di sisi kanan pertahanan Jepang yang berhasil disambut Goyal Neha untuk menceploskan bola ke gawang Jepang. Kedudukan menjadi imbang 1-1 antara kedua tim.

Di kuarter ketiga, Kawamura Motomi berhasil mencetak gol kedua bagi Jepang dari sudut penalti. Jepang sementara unggul 2-1 atas India.

Ketinggalan satu gol membuat India meningkatkan intensitas serangan dan mengurung pertahanan Jepang. Namun penampilan kiper Jepang yang apik mampu menggagalkan tembakan pemain India.

Pada dua menit terakhir, Jepang bermain tanpa kiper sebagai upaya untuk menambah daya gedor lini depan.

Melihat hal itu Jepang menumpuk pemain di lini pertahanan untuk mempertahankan keunggulan. Skor 2-1 tidak berubah hingga laga usai.

Tim asuhan Farry Anthony James berhasil mendapatkan medali emas Asian Games 2018, sementara India harus puas dengan medali perak. 

Baca juga: Tekuk Korsel, tim hoki putri China raih perunggu

Baca juga: Jepang ke final hoki usai kalahkan Pakistan 1-0

Baca juga: Kalahkan China, tim hoki India melaju ke final

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2018