Jakarta (ANTARA News) - Tim nasional Hong Kong sementara unggul dari India pada laga pertama babak final cabang olahraga Squash nomor beregu putri. 

Dalam pertandingan pertama final yang berlangsung selama 31 menit di Lapangan Utama Stadion Squash, Kompleks Olahraga Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu, pemain muda Hong Kong Ho Tze Lok berhasil menaklukkan atlet India Sunayna Kuruvilla 3-1 (11-8, 11-6, 10-12, 11-3). 

Baca juga: Tim squash Hong Kong susul India amankan tiket final

Ho Tze Lok yang sempat absen dari nomor tunggal putri dan laga semifinal ternyata dapat mempertahankan fokus lebih baik dari rivalnya.

Alhasil, walau pertandingan berjalan sengit pada set pertama, Ho Tze Lok mampu mencetak skor lebih cepat, dan menyelesaikan permainan pada menit kedelapan. 

Masuk set kedua, Kuruvilla yang juga tidak turun pada nomor tunggal putri dan absen pada laga semifinal, ternyata belum mampu mengimbangi gaya permainan Ho Tze Lok. 

Banyak bola-bola rendah yang tidak dapat dijangkau pemain muda India itu, hingga Ho Tze Lok pun dengan mudah mendulang poin dan menyelesaikan set kedua pada menit ketujuh. 

Akan tetapi, Kuruvilla bermain lebih fokus pada set ketiga. Berbeda dari set sebelumnya, ia tampak lebih fokus dan membuat sedikit kesalahan.

Bahkan, Kuruvilla mampu membaca bola-bola yang dilesatkan Ho dan membalasnya dengan pukulan lebih sulit ke area yang sulit dijangkau. 

Keduanya sempat imbang pada skor 10-10, tetapi pada menit kesepuluh Kuruvilla dapat membalas kekalahannya dari pemain muda Hong Kong itu dengan skor 12-10. 

Walau sempat kecolongan satu set, Ho ternyata tidak menyurutkan semangat untuk bermain lebih energik pada babak penentuan, set keempat. 

Sedari awal permainan dimulai, Ho sudah melesatkan bola-bola rendah dan menyilang yang sulit dikembalikan oleh Kuruvilla.

Tidak hanya itu, Ho turut meningkatkan ritme permainannya, sehingga rivalnya pun kewalahan dan menyerah pada menit keenam dengan skor 11-3. 

Akan tetapi, kemenangan Ho belum memastikan Hong Kong akan meraih medali emas pada cabang olahraga Squash untuk nomor beregu putri. 

Pasalnya, pemain unggulannya Au Wing Chi Annie (Annie Au) harus menang terlebih dahulu dari atlet senior Joshna Chinappa. 

Baca juga: Tim squash India tundukkan Malaysia 2-0 di semifinal

Akan tetapi jika Joshna ternyata unggul, maka pertandingan ketiga antara Dipika Pallikal Karthik dan Chan Ho Ling akan menjadi penentu perolehan medali untuk India dan Hong Kong pada cabang olahraga Squash nomor beregu putri.

Meski Hong Kong dan India masih memperebutkan medali emas pada laga final, Jepang dan Malaysia telah memastikan perolehan medali perunggu untuk nomor beregu putri, mengingat keduanya kalah dari babak semifinal yang berlangsung di Lapangan Utama Stadion Squash, Kompleks Olahraga GBK, Jakarta, Jumat. 

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2018