Jakarta (ANTARA News) - Ratusan relawan membantu petugas resmi membersihkan areal Gelora Bung Karno (GBK) Senayan Jakarta, Sabtu yang hampir dua pekan terakhir menjadi pusat pelaksanaan kejuaraan empat tahunan, Asian Games 2018 Jakarta-Palembang.

Relawan yang tergabung dalam Indorelawan bersama keluarga Danone-Aqua ini mempunyai visi mengkampanyekan memilah sampah plastik dan membuangnya di tempat yang benar serta mengajak pengunjung untuk bijak dalam menggunakan plastik guna mendukung Program #BijakBerplastik.

Marketing Manager Danone-Aqua Jeffri Ricardo dalam keterangan resminya mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu aksi nyata gerakan #KontingenKebaikan dalam Asian Games 2018. Selain untuk menjaga kebersihan area penyelenggaraan Asian Games 2018, kegiatan ini adalah untuk kami memberikan contoh nyata bagi para pengunjung untuk selalu membuang sampah pada tempatnya.

"Kita harus bijak dalam menggunakan plastik, serta terus menebarkan nilai-nilai kebaikan dan menunjukkan bahwa Indonesia merupakan tuan rumah yang baik," katanya.

#KontingenKebaikan dicanangkan sejak Juli 20 ini merupakan gerakan untukmengajak seluruh masyarakat Indonesia melakukan tindakan kebaikan yang menjadi warisan nilai-nilai budaya Indonesia dan menunjukkan kepada negara lain jati diri bangsa Indonesia dengan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 yang baik. 

Salah satu aksi nyata yang dilakukan oleh #KontingenKebaikan selama berlangsungnya Asian Games 2018 adalah menjaga area penyelenggaraan pertandingan tetap bersih dari sampah plastik.

Salah satu relawan yang turut bergabung dalam #KontingenKebaikan, Sagita Pratiwi mengaku bangga dapat berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Apalagi pelaksanaannya bersamaan dengan kejuaraan olahraga paling bergengsi di Asia.

"Partisipasi kami hari ini mungkin belum seberapa dibandingkan dengan apa yang dilakukan para petugas kebersihan di sini, namun kami yakin bahwa kontribusi kami dapat membawa perubahan bagi para pengunjung yang melihat gerakan ini, dan semoga dapat mengispirasi mereka untuk berbuat hal yang sama," katanya.

Sementara itu, Direktur Eksekutuf Indorelawan Maritta C. Rastuti mengatakan selama menjalankan aksi ini, komunitas tersebut mendapat banyak permohonan dan dukungan dari masyarakat untuk dapat bergabung dalam gerakan ini.

"Pada pengunjung Asian Games 2018 yang melihat aksi kami di GBK, dengan senang hati membantu mengumpulkan sampah mereka. Hari ini saja, lebih dari 400 orang yang melakukan aksi bersih-bersih di sini. Dengan berkolaborasi bersama. Kami berharap bisa menginspirasi orang lain untuk ikut melakukan kebaikan dan meneruskan kebiasaan untuk menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya dalam kehidupan sehari-hari," kata Maritta.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2018