Jakarta (ANTARA News) - Pebulu tangkis Indonesia, Oddie Kurnia Dwi Listyanto, berhasil melenggang ke babak semifinal tunggal putra SU5 Asian Para Games 2018, setelah menjungkalkan salah satu unggulan asal Jepang, Taiyo Imai, 16-21, 21-17, 21-16, dalam laga perempat final di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis.

Kemenangan Oddie membuat Indonesia menguasai semifinal nomor tersebut dengan menempatkan tiga wakil, setelah sebelumnya Dheva Anrimusthi dan Suryo Nugroho menang atas lawan masing-masing dalam pertandingan yang lebih awal.

Dheva menang 21-13, 21-19, atas wakil China, Shengzhuo Shi, sedangkan Suryo mengalahkan atlet Chinese Taipei Fang Jen-Yu 21-10, 21-7.

Di semifinal, Oddie akan berhadapan dengan senior sekaligus pasangannya di nomor lain, Suryo, sementara Dheva menantang unggulan pertama asal Malaysia, Cheah Liek Hou, yang lolos usai menang mudah atas wakil Thailand Pricha Somsiri 21-12, 21-14.

Ditemui selepas pertandingan, Oddie mengaku masifnya dukungan dari para penonton Indonesia di Istora menjadi lecutan semangat atas penampilannya.

Terlebih kedua orang tua Oddie juga datang langsung dari Malang untuk menyaksikan perjuangannya.

"Pendukung Indonesia yang nonton tadi semangat. Terus di tribun juga ada orang tua, membisiki 'Semangat! Bisa! Bisa!'," kata Oddie.

Ditanya mengenai peluangnya menghadapi Suryo, Oddie hanya bertekad memperlihatkan yang terbaik di atas lapangan.

Baca juga: Leani Ratri pastikan jejaki final dua nomor bulu tangkis

Sementara itu di nomor tunggal putra SL3, Indonesia menempatkan satu wakilnya ke semifinal yakni Ukun Rukaendi yang menang 21-10, 21-16 atas atlet Korea Selatan Joo Dong-jae.

Di semifinal Ukun akan menghadapi unggulan utama asal India Manoj Sarkar, yang menyingkirkan wakil Indonesia lainnya Maman Nurjaman 19-21, 21-17, 21-18.

Sedangkan di nomor tunggal putra SL4, Hikmat Ramdhani juga menciptakan kejutan dengan menyingkirkan unggulan utama asal India Sukant Kadam 21-19, 21-12, di perempat final dan akan meladeni sesama wakil Indonesia Fredy Setiawan di semifinal.

Baca juga: Wakil Indonesia tampil di 13 laga perempat-final bulutangkis

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2018