Tangerang (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, merampungkan sarana dan prasarana pendukung arena Asian Games 2018 untuk cabang modern pentathlon di Kecamatan Tigaraksa.

"Jalan masuk, tempat parkir, areal penjualan usaha kecil menengah (UKM) dan penyediaan sarana kebersihan telah tersedia," kata Sekretaris Daerah Pemkab Tangerang, Maesyal Rasyid di Tangerang, Jumat.

Maesyal mengatakan sarana pendukung jalan juga telah dirapikan termasuk bagian tertentu dibersihkan atau ada yang dicat terutama pada pinggir jalan dan dekat trotoar.

Pihaknya telah menerjunkan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) seperti Dinas Perhubungan untuk mengatur lalu lintas berkoordinasi dengan Polresta Tangerang, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) menyiapkan petugas kebersihan, Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air mengerjakan pelebaran jalan.

Bahkan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UMKM) menyediakan sarana bagi pedagang kecil menjual cendera mata serta kerajinan warga di sekitar arena pertandingan dengan harapan dapat dibeli oleh peserta atau tamu undangan dari beberapa negara di Asia itu.

Dalam pemerikasaan terakhir, pihaknya juga memantau adanya sejumlah galian listrik di depan pintu masuk di Tigaraksa yang dianggap mengganggu karena tanah berceceran serta debu beterbangan.

Ia mengatakan, Pemkab Tangerang telah siap untuk mendukung termasuk upaya pelebaran jalan masuk ke arena dengan dana sebesar Rp2,4 miliar yang berasal dari dana sosial lingkungan perusahaan.

Demikian pula petugas kebersihan telah menyiapkan toilet bergerak untuk membantu warga yang membutuhkan di lokasi sekitar.

Panitia penyelenggaran Asian Games 2018 (INASGOC) menetapkan arena modern penthatlon di Kecamatan Tigaraksa.

MOdern pentathlon merupakan olahraga yang atletnya tampil dalam lima cabang olahraga sekaligus yakni anggar, menembak, renang, berkuda dan lari.

Mantan pemain Persita Tangerang itu mengatakan, mendukungan harus diberikan? agar Asian Games sukses termasuk cabang modern pentathlon karena telah ditunjuk INASGOC. (U.A047)

Baca juga: MPI bidik atlet TNI untuk ASIAN Games
 

Pewarta:
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2018