Jakarta (ANTARA News) - Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) mengalokasikan 20 persen dari total tiket upacara penutupan Asian Games, Minggu (2/9) bagi tamu-tamu penting dan para sponsor penyelenggara.

"Total tempat duduk yang tersedia pada upacara penutupan sebanyak 55 ribu kursi," kata Direktur Tiket Deputi II Bidang Administrasi Pertandingan INASGOC Sarman Simanjorang dalam jumpa pers di Pusat Layanan Media (MPC) Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Jumat malam.

Sarman mengatakan kesulitan masyarakat untuk membeli tiket upacara penutupan dalam jaringan di blibli.com, tiket.com, dan loket.com, karena tiket yang tersedia sudah dipesan meskipun belum sepenuhnya terbayar.

"Tiket yang sudah terbayar sudah lebih dari separuh dari total tiket yang tersedia untuk dibeli. Tiket sudah sepenuhnya dipesan tapi tidak terjual semua karena sistem memberikan waktu sekitar tiga jam untuk membayar pesanan itu," ujarnya.

Tiket yang telah dipesan tapi belum terbayar, menurut Sarman, akan dapat kembali dibeli oleh pemesan lain melalui sistem dalam jaringan itu.

"Kami tidak menjual tiket secara langsung terutama setelah evaluasi untuk antisipasi kehadiran calo tiket. Para pembeli tiket juga tidak perlu lagi mencetak tiket fisik karena tiket elektronik yang dibeli sudah otomatis dapat dipakai sebagai tiket masuk," katanya.

Namun, Sarman mengaku keberadaan calo tiket tidak dapat sepenuhnya dihapuskan hanya dapat dikurangi. "Calo masih mungkin mengikuti perkembangan teknologi. Kami mengurangi peluang kehadiran mereka dengan membatasi pembelian maksimal lima tiket untuk satu orang," katanya.

Kepala Biro Operasi Kepolisian Daerah Metro Jaya Kombes Pol. Slamet Hadi Sipraptoyo mengatakan pengamanan penyelenggaraan upacara penutupan Asian Games 2018 melibatkan personel gabungan TNI/Polri sebanyak 9.422 personel.

"Kami akan menempatkan personel kemanan kami di jalan pintu satu Senayan serta area Asian Festival yang akan menjadi titik konsentrasi masyarakat pengunjung," kata Slamet Hadi. 

Baca juga: Pengunjung penutupan diminta antisipasi antrean masuk

Baca juga: INASGOC siapkan 75 ribu tiket festival penutupan

Baca juga: iKON bicara soal konsernya hingga bocoran untuk penutupan Asian Games 2018

Pewarta:
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2018