Bukittinggi, Sumbar (ANTARA News) - Obor Asian Games 2018 tiba di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, Kamis dan diarak keliling kota sepanjang sepuluh kilometer dan salah satunya memasuki Lubang Jepang.

Lobang Jepang yang oleh warga setempat disebut Lubang Japang, adalah atraksi wisata sejarah karena merupakan peninggalan pasukan kolonial Jepang.

Setelah upacara penyerahan obor Asian Games dari Menristek Dikti Muhammad Nasir ke Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias di depan SMA Negeri 2 Bukittinggi, iring - iringan pun bergerak ke Lubang Jepang yang hanya berjarak sekitar dua kilometer dari garis start.

Adalah artis Olivia Zalianti yang dipercaya membawa obor memasuki Lobang Jepang sepanjang 1,4 km dan berada di kawasan wisata Panorama di pinggir Ngarai Sianok.

"Saya sebelumnya juga membawa obor Asian Games di Danau Toba, kami memasuki Lobang Jepang ini memberikan sensasi yang berbeda," kata Olivia yang kali pertama berkunjung ke Bukittinggi.

Selain Olivia, pembawa obor lainnya adalah Doni Kusuma, artis yang mantan atlet nasional sofbol dan pernah berjasa menyumbang emas di SEA Games 1997 Jakarta.

Lubang Jepang merupakan sebuah terowongan atau bunker sebagai tempat penyimpanan pembekalan dan peralatan perang tentara Jepang, dengan terowongan yang berkelok-kelok serta memiliki lebar sekitar 2 meter.

Sejumlah ruangan khusus terdapat di terowongan ini, di antaranya adalah ruang pengintaian, ruang penyergapan, penjara, dan gudang senjata.

Pada kirab obor Asian Games tersebut, terdapat sekitar 21 titik yang dilintasi di sekitar kota yang berada 900 meter di atas permukaan laut itu.

Selain Lobang Jepang, titik lainnya di antaranya adalah Tugu Imam Bonjol, Gelanggang Pacuan Kuda Bukit Ambacang, Rumah Kelahiran Bung Hatta, Patung Pahlawan Tak Dikenal dan berakhir di Istana Bung Hatta.

Di setiap titik yang dilalui itu dimeriahkan oleh siswa sekolah dengan kesenian daerah.

Usai kirab, obor akan diinapkan di Istana Bung Hatta, pusat Kota Bukittinggi, hanya beberapa puluh meter dari Jam Gadang.

Selanjutnya, obor Asian Games akan diterbangkan dari bandara Internasional Minangkabau (BIM) ke Jambi, Jumat (3/8).

Pewarta:
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2018