Garut (ANTARA News) - Sejumlah warga berjajar di pinggir jalan untuk menyambut Kirab Obor Asian Games 2018 di jalan utama Kabupaten Garut, Jawa Barat, Minggu, dalam rangkaian memeriahkan pesta akbar olahraga yang diikuti 45 negara se-Asia.

Baca juga: Pentas seni meriahkan Kirab Obor di Garut

Baca juga: Jalur utama Garut ditutup selama Kirab Obor Asian Games 2018

Baca juga: Domba Garut pun turut ramaikan kirab obor Asian Games 2018


Selain masyarakat umum dari berbagai kalangan usia tersebut, tampak anak-anak sekolah dasar yang berada di sekitar lintasan Kirab Obor ikut serta untuk menyambut rombongan kirab tersebut.



Mereka para siswa sambil membawa bendera kecil dikibar-kibarkan selama rombongan Kirab Obor melintasinya.



Seorang siswa kelas IV SD Negeri 2 Tarogong, Zahwan mengatakan, dirinya bersama dengan teman-teman sekolah diminta oleh guru untuk menyambut Kirab Obor Asian Games.



Meskipun libur sekolah karena hari Minggu, Zahwan mengaku senang diminta oleh guru untuk menghadiri acara Kirab Obor di pinggir jalan.



"Ya senang bisa menyambut kirab obor, padahal sekarang hari libur," katanya.



Warga Garut lainnya yang ikut menyambut kedatangan obor Asian Games, Hendi mengatakan, bangga Kabupaten Garut menjadi salah satu kabupaten yang dikunjungi rombongan Kirab Obor Asian Games 2018.



Ia mengaku, belum pernah menyaksikan langsung kegiatan Kirab Obor Asian Games, karena selama ini diselenggarakannya bukan di Garut tetapi daerah lain, bahkan negara lain.



"Jadi ini menjadi pengalaman baru saya untuk menyaksikan langsung Kirab Obor di daerah sendiri," kata Hendi.



Kirab Obor Asian Games tersebut berlangsung mulai dari Sigobing Jalan Bandung-Garut, kemudian Bunderan Tarogong, Simpang Lima, Jalan Cimanuk dan berakhir di Alun-alun Garut kawasan Pendopo Bupati Garut.



Setibanya di Alun-alun Garut, rombongan yang membawa Obor Asian Games disambut tarian daerah dan Pasukan Pengibar Bendera serta sejumlah unsur pejabat pemerintah, Polri dan TNI setempat.



Selain itu, Kirab Obor disambut meriah oleh berbagai kesenian daerah di beberapa titik jalan yang dilewati rombongan.



Obor Asian Games tersebut akan diinapkan satu malam di Garut untuk selanjutnya melakukan kirab ke Kabupaten Cianjur. (KR-FPM).

 

Pewarta:
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2018